Breaking Post
Home » Fun » Tips Jitu Agar Tidak Mudah Lupa

Tips Jitu Agar Tidak Mudah Lupa

Ketika anda sering melupakan sesutau yang sebenarnya telah terlintas di pikiran adalah sebuah penyakit yang bisa melanda siapa saja. Kebanyakan dan yang paling sering terjadi adalah yang berhubungan dengan hal hal kecil seperti lupa menaruh kunci motor atau meletakkan sesuatu yang dengan sekejap anda lupa dimana terakhir kali memegangnya.

Agar-tidak-mudah-lupaManusia perlu berlatih untuk meningkatkan kemampuan mengingat meskipun sebagian orang memiliki daya ingat yang sangat tajam. Seperti sebuah terapi, jika anda ingin membuat ingatan anda menjadi lebih tajam agar tidak mudah lupa, anda hanya perlu usaha yang lebih keras di antaranya adalah:

Kendalikan Emosi
Pikiran yang tidak rileks akan sangat mempengaruhi ingatan seseorang bahkan hingga sanggup menjadikan apa yang sudah ada dalam ingatan sebelumnya tiba tiba hilang begitu saja. Untuk itu, ketika anda sedang mengalami masa sulit, usahakan tetap membuat suasana tenang dan tidak panik. Dengan demikian apa yang telah anda susun rapi dalam ingatan tetap bisa anda pertahankan.

Hubungkan Dengan Hal Lain
Begitu pula disaat anda melupakan nama seseorang yang baru saja anda kenal dan sangat sulit sekali anda untuk mengingatnya kembali, cobalah untuk berusaha menghubungkannya dengan sesuatu yang hampir serupa. Seperti ketika anda pertama kali berkenalan, tentu akan ada gambaran yang terjadi dalam pikiran bahwa seseorang tersebut mirip dengan artis atau sodara bahkan nama yang juga hampir sama.

Membuat Catatan
Jika anda adalah seseorang yang benar benar pelupa, maka terapi paling ampuh yang bisa anda coba adalah dengan membuat catatan. Cara ini sudah menjadi hal biasa untuk kebanyakan orang karena memang terbukti sangat efektif meskipun kadang kurang praktis.

Target Yang Lebih Spesifik
Dengan membuat target yang lebih spesifik akan membuat ingatan anda lebih fokus. Seperti halnya jika anda merencanakan hendak pergi ke sebuah toko alat listrik, dan kemudian di tengah perjalanan anda merasa kesal karena jalanan macet hingga membuat anda harus memutar jauh dan menepi untuk singgah ke sebuah kedai minum, maka hal tersebut bisa saja akan membuat anda kehilangan ingatan tentang rencana semula.

Maka, berusahalah belajar tetap membuat tujuan yang spesifik, dan jangan pernah menunda jika memang tidak ada sesuatu yang benar benar lebih penting dari rencana awal. Dengan ini akan menjadikan anda lebih mudah mencapai sasaran karena ingatan anda tidak akan terganggu oleh sesuatu yang lain.