Breaking Post
Home » OTOMOTIF » Bohlam Lampu Motor Sering Putus Cegah dengan Cara Ini

Bohlam Lampu Motor Sering Putus Cegah dengan Cara Ini

Bohlam-Lampu-Motor-Sering-PutusPernah mengalami lampu depan motor sering putus apalagi jika sedang berkendara pada malam hari, tentu akan menjadi kesulitan bahkan juga dapat memicu terjadinya kecelakaan oleh pengendara lain.

Beda dengan jama dulu dimana undang undang tentang lalu lintas yang belum menerapkan agar pengendara motor wajib menyalakan lampu pada siang hari, setidaknya pemakaian lampu utama motor akan sedikit lebih awet dibandingkan dengan sekarang.

Masih mendingan kalau ada saklar (switch) manual yang bisa digunakan untuk mematikan lampu . Jadi masih ada kesempatan untuk berusaha mengurangi durasi menyala lampu jika sedang berkendara di siang hari tentunya yang jauh dari lalulintas padat jalan raya.

Faktor utama penyebab lampu depan motor sering putus adalah dipengaruhi oleh beberapa hal diantaranya:

  • Kualitas Bohlam. Untuk yang asli atau original bawaan pabrikan (motor baru) biasanya akan lebih tahan lama dan memiliki kualitas cahaya yang lebih terang. Namun jika sudah pernah diganti meskipun suku cadang asli, tampaknya tetap saja tidak sebaik yang pertama apalgi kalau produk imitasi, jangan digarap akan mampu bertahan.
  • Kerusakan Listrik. Modifikasi dan penambahan aksesoris sejenis lampu ataupun alat elektronika lainnya jika tidak dipasang dengan tepat dapat memicu kerusakan system kelistrikan motor dan berbahaya untuk lampu utama. Baca juga tentang Cara merawat ban motor agar lebih awet.

Tips Agar Bohlam Lampu Depan Lebih Awet

Meskipun saat ini semua motor keluaran terbaru tidak dilengkapi dengan saklar untuk mematikan lampu, namun masih ada sebuah switch changer untuk melakukan pergantian jarak dekat dan jauh.

Pada umumnya semua bohlam memiliki 2 filamen yaitu untuk kebutuhan lampu jarak dekat dan dimmer. Yang mana fungsi dimmer adalah untuk memberikan isyarat bagi pengendara atau siapa saja yang ada didepannya, untuk itu posisi bias cahanya dibuat agak ke atas agar dapat mengenai pandangan orang didepan.

JIka dimmer dinyalakan terus pada malam hari, tentu saja akan mengganggu setiap pengendara yang terkena cahanya namun tidak akan begitu berarti jika dinyalakan pada siang hari.

Untuk itu agar lampu depan khususnya yang jarak dekat supaya lebih awet, gunakan hanya ketika malam hari saja sedangkan untuk siang harinya gunakan yang jarak jauh. Dengan cara ini akan memberikan dampak yang baik karena durasi nyala tidak terlalu panas hanya untuk satu filament saja sehingga dapat memperpanjang usia pakai bohlam karena ada pergantian kerjanya. Barang kali ingin mengetahui tentang Informasi harga motor Honda matic bekas.