Breaking Post
Home » Bisnis » Budidaya Cabe Merah: Usaha Bidang Agribisnis Yang Sangat Menjanjikan

Budidaya Cabe Merah: Usaha Bidang Agribisnis Yang Sangat Menjanjikan

Budidaya-cabe-merahBudidaya cabe pada saat sekarang ini adalah usaha yang bisa dibilang cukup menggiurkan. Pasalnya harga cabe memang beberapa tahun terakhir ini mengalami lonjakan harga yang cukup meningkat tajam.

Hal ini seharusnya menjadi perhatian pemerintah untuk menindak seperti budi daya cabe merah ini. Banyak sekali petani – petani cabe merah yang banyak bermunculan beberapa akhir tahun ini. Apakah Anda juga tertarik untuk membudayakan tanaman ini?

Cabe merah adalah salah satu tanaman yang banyak sekali dibutuhkan di dalam kuliner di Indonesia. Membudi dayakanya sendiri tidak semudah membalikan telapak tangan. Namun begitu cara membudi dayakan tanaman  ini dapat dipelajari secara otodidak dan juga dengan mudah. Yang terpenting dalam usaha budi daya cabe merah ini adalah sifat tidak mau menyerah dan juga mau belajar. Dengan begitu Anda akan dapat menjadi seorang pengusaha cabe merah yang sukses.

Panduan Umum Budidaya Cabe Merah

#1 Pemilihan benih cabe merah

Banyak orang yang mengenal dua jenis cabe merah, yaitu cabe merah besar dan juga cabe merah keriting. Perbedaan dari kedua jenis cabe ini terlihat jelas dari bentuk dan juga tekstur kulitnya.

Benih untuk budidaya cabe ini dapat didapatkan melalui dua cara, yaitu membeli di toko yang menyediakan benih atau juga membenihkan sendiri. Benih cabe yang hibrida sebaiknya dibeli di industri benih yang sudah terpercaya yang sudah menerapkan teknologi dengan pemuliaan moderen.

Sedangkan benih cabe yang lokal dapat Anda dapatkan dari sesama petani atau juga menyeleksi sendiri dari hasil panen sebelumnya.

#2 Penyemaian dan pembibitan

Metode yang digunakan untuk penyemaian dalam budidaya cabe sebaiknya Anda dapat menggunakan polybag baik yang terbuat dari plastik atau juga daun-daunan. Mengapa demikian? , hal ini karena benih cabe apalagi cabe dengan jenis hibrida harganya dapat terbilang sangat tinggi.

Apabila disemai dengan cara ditabur, maka dikhawatirkan akan banyak biji yang tumbuh berhimpitan sehingga tidak semua tanaman yang tumbuh dapat dimanfaatkan.

#3 Pengolahan tanah

Lahan yang Anda perlukan untuk membudidayakan cabe merah adalah tanah yang gembur dan juga memiliki porosotas yang baik dan berkualitas.

Sebelum cabe merah tersebut ditanam cangkul atau bajak lahan terlebih dahulu sedalam 20 hingga 40 cm. Bersihkan dari batu atau juga kerikil dan sisa-sisa akar tanaman. Apabila masih ada banyak gulma dikhawatirkan akan menganggu tanaman cabe Anda.

#4 Penanaman bibit cabe merah

Pemindahan bibit cabe merah dari tempat persemaian bisa Anda lakukan setelah bibit berumur sekitar 3 minggu atau bibit memiliki 3 hingga 4 helai daun permanen.

Ada baiknya penanaman dilakukan pada saat pagi hari dan juga sore hari untuk menghindari stress. Dan akan lebih baik lagi jika penanaman bisa dilakukan serentak dalam satu hari.

Cara menanamnya dengan membuka atau juga menyobek polybag semai. Lalu kemudian Anda dapat masukkan bibit cabe merah dan media tanamnya ke dalam lubang tanam. Kemudian Anda dapat siram tanaman untuk mempertahankan kelembabanya. sumber: alam tani

Baca juga tentang peluang bisnis tahun 2017 yang cukup potensial dan menjanjikan serta artikel lainnya tentang peluang usaha modal 2 hingga 5 juta yang menguntungkan.