Breaking Post
Home » Architect » Cara Memperbaiki Cat Dinding Retak Mengelupas

Cara Memperbaiki Cat Dinding Retak Mengelupas

Cara-memperbaiki-cat-dindingSering di jumpai, pengelupasan cat dinding (flaking) bisa disebabkan oleh kondisi fisik dinding  lembab, masalah rembesan air talang yang rusak, posisi dinding yang berhimpit dengan dinding tetangga, dan masih banyak lagi penyebabnya.

Masalah yang paling serius penyebab cat dinding mengelupas adalah kualitas dinding yang kurang bagus, bisa di sebabkan karena komposisi campuran kurang sempurna serta proses pengeringan dinding yang belum maksimal. Proses pengeringan yang belum cukup umur memungkinkan dinding masih mengandung garam alkali yang tinggi, maka hal ini memang cukup menyulitkan. Tindakan yang bisa menyelesaikan masalah hanya dengan merenovasi ulang proses plesteran dinding.

Akan tetapi, jika kondisi tembok sudah cukup baik, kemungkinan penyebab mengelupasnya dinding adalah proses pengecatannya yang kurang tepat, misalnya kondisi tembok belum benar-benar kering saat dicat, kualitas plamir yang digunakan tidak baik, tidak menggunakan cat dasar (alkali primer), atau cat dasar/alkali primer yang digunakan tidak sesuai dengan sistem pengecatan akhir. Maka, solusinya adalah mengecat ulang dinding tersebut.

Tips Cara Pengecatan Ulang Dinding

Ada beberapa tips sederhana untuk mengatasi atau melakukan pengecatan ulang untuk dinding yang mengelupas.

  1. Jika sebab pengelupasan adalah dari kebocoran, langkah pertama harus di bereskan dulu sumber kebocoran dengan melakukan plester ulang ataupun memakai bahan pelapis anti bocor.
  2. Kerok lapisan cat yang terkelupas sampai terlihat permukaan dindingnya, kemudian bersihkan permukaan dinding dari debu dan kotoran. Setelah itu, lapisi dinding dengan cat dasar atau alkali primer. Biarkan cat dasar tersebut mengering secara sempurna.
  3. Gunakan cat tembok dengan kualitas yang baik (memiliki daya rekat dan elastisitas yang baik), sehingga daya tahannya lebih lama dan tidak perlu terus-menerus mengulang pengecatan.

Gunakan cat tembok yang mengandung acrylic, terutama untuk dinding luar. Dalam pengecatan, pastikan lapisan awal mengering secara sempurna. Setelah benar-benar kering, baru aplikasikan lapisan yang kedua dan seterusnya.