Breaking Post
Home » Fun » Efek buruk terlalu lama hidup menjomblo

Efek buruk terlalu lama hidup menjomblo

Akibat-terlalu-lama-menjombloAda beberapa orang yang merasa bahwa hidup sendiri itu sangat menyenangkan. Mungkin akan mendapatkan kebebasan yang utuh, tidak perlu memikirkan siapa yang akan cemburu ataupun marah dengan apa yang akan dilakukannya. Namun tahukah anda fakta bahwa terlalu lama hidup menjomblo akan berakibat sangat buruk untuk hidup seseorang.

Berikut ini adalah apa yang sering terjadi pada seseorang yang mengalami kehidupan dengan status jomblo yang berkepanjangan.

Lebih sering stress
Ada sebuah penelitian dari Chicago University yang menyatakan bahwa, jika seseorang terlalu lama hidup sendirian dan akhirnya merasa kesepian, mereka cenderung merasa bingung dengan dirinya yang tidak memiliki teman untuk berbagi dalam hal yang lebih khusus. Ketika rasa kesepian melanda, hormon otak yang berhubungan dengan stress akan meningkat bahkan bisa berhujung dengan depresi. Solusi terbaik adalah mencoba menjalin hubungan atau bersosial dengan orang lain untuk mengurangi tingkat depresi. Hal ini tercatat lebih efektif bila dibandingkan dengan penggunaan konsumsi obat anti depresi.

Memiliki rasa malas
Menurunnya semangat dalam diri juga bisa di karenakan seseorang tersebut tidak memiliki pasangan hidup untuk saling mengisi hari hari. Efek yang muncul sebab terlalu lama hidup sendiri menjadikan perasaan kurang termotivasi untuk lebih aktif. Hal ini juga bisa berawal dari perasaan malu untuk menunjukkan diri pada orang lain atau sahabat yang kebanyakan telah memiliki pasangan hidup.

Kekebalan tubuh melemah
Satu penemuan juga menyatakan bahwa seseorang yang terlalu lama hidup menjomblo akan menjadi lebih sering merasa kurang sehat. Meskipun memiliki materi yang bisa digunakan untuk membeli asupan makanan dan nutrisi bergizi, system imun kekebalan tubuh akan melemah karena secara biologis tubuh tidak mengeluarkan hormone endorphin dan dopamine yang bisa merangsang seseorang merasa bahagia.

Dikutip dari news.health.com bahwa untuk orang yang terlalu lama menghabiskan waktu dengan sendirian, kesepian serta tidak bersosialisasi, akan membuat mereka sering berhalusinasi dan hanya berhayal untuk mengisi kekosongan. Lebih parahnya, mereka akan memiliki masalah dengan kesehatan fisik serta mental dan bisa sangat berbahaya.

Untuk itu, cara terbaik mengatasi masalah jika mengalami kesulitan dalam menemukan pasangan hidup sebagai penyemangat diri, Jalinlah komunikasi serta hubungan yang seluas luasnya kepada siapa saja yang bisa memberikan pengalaman baru setiap harinya. Cobalah untuk membuat suatu karya yang sedikit menantang agar fisik dan mental tetap akan berkembang juga akan meningkatkan kualitas diri selain hanya merenungi keadaan karena masih sendiri.