Breaking Post
Home » OTOMOTIF » Langkah mudah hilangkan bunyi rem motor berisik

Langkah mudah hilangkan bunyi rem motor berisik

Bunyi-kampas-rem -berisikKesal dengan bunyi berisik dari rem motor anda, bagaimana cara mengatasinya sangatlah mudah dan bisa dilakukan sendiri jika memiliki perkakas khususnya alat untuk membongkar roda jika masih menggunakan rem tromol.

Suara berisik ini ternyata juga dapat terjadi pada rem cakram. Dari kedua jenis rem baik cakram ataupun tromol sebenarnya memiliki sumber permasalahan yang sama sehingga dapat memicu timbulnya suara yang sangat mengganggu yaitu karena 2 penyebab berikut ini.

Kotoran. Jika usia pakai kampas rem sudah memasuki setengah umur biasanya akan merubah struktur permukaan kampas rem itu sendiri.

Pada saat proses pengereman, karena terjadi gesekan secara terus menerus sehingga akan tercipta serbuk halus yang membuat permukaan kampas dengan bidang cakram atau tromol menjadi sangat licin. Selain daya cengkeram menurun, serbuk atau debu halus sisa kampas rem menjadikan sumber bunyi yang sangat mengganggu telinga bahkan kadang bikin malau aja ketika di jalanan.

Selain itu timbulnya kotoran juga dapat dipicu karena kondisi lingkungan seperti ketika berkendara pada musim hujan dan berdebu. Baca juga Cara merawat motor pada musim hujan.

Cara mengatasi hal ini adalah dengan melepas bagian kampas rem untuk dibersihkan dengan cara menggosok permukaan kampas rem memakai amplas agar permukaan tidak licin lagi. Usahakan bisa melakukan dengan tingkat kerataan yang sama agar tidak bergelombang yang dapat membuat daya pengereman menurun.

Rusak atau habis. Jika keadaan yang anda dapati tenyata karena kampas rem sudah habis atau rusak, hal ini juga merupakan penyebab timbulnya suara berisik tersebut.

Untuk solusi mengatasinya hanya dengan mengganti spare part yang baru. Jangan pernah memilih komponen imitasi dengan harga yang murah karena biasanya justru akan sangat mengecewakan hasilnya selain usia pakai yang relative lebih cepat habis dan cepat aus. Simak tentang Cara merawat ban motor agar lebih awet.

Khususnya rem cakram, jika kondisi piringan sudah tidak center (oleng) juga dapat menyebabkan suara rem menjadi sangat berisik dan biasanya bergetar saat melakukan pengereman. Cara mengatasi hal ini adalah dengan membubut permukaan cakram hingga didapatkan hasil yang rata jika ketebalan masih memungkinkan.