Breaking Post
Home » Workshop » Kelebihan solar water heater (pemanas air tenaga surya)

Kelebihan solar water heater (pemanas air tenaga surya)

Pemanas-air-tenaga-suryaBanyak kelebihan keuntungan serta manfaat menggunakan pemanas air tenaga surya atau solar water heater daripada jenis peralatan pemanas air lainnya yang saat ini sudah banyak beredar dipasaran mengingat semakin besarnya minat masyarakat dalam memenuhi kebutuhan air panas untuk rumah tangga.

Dengan harga serta biaya pemasangan yang lebih mahal dibandingakan unit mesin water heater listrik maupun gas, masih menjadikan pemanas air tenaga surya hanya ini hanya diminati oleh kalangan masyarakat menengah ke atas.

Padahal jika dikaji secara lebih jauh, penggunaan solar water heater akan lebih memberikan banyak keunggulan baik dari segi efisien, keamanan serta dampak terhadap lingkungan.

Keunggulan pemanas air tenaga surya

Berikut ini adalah beberapa manfaat posistif yang bisa diperoleh dari pemakaian pemakaian pemanas air energi matahari.

Sumber energi tanpa biaya sepanjang tahun

Sesuai dengan namanya bahwa unit pemanas air ini akan memakai tenaga panas matahari untuk memanaskan air melalui sebuah alat panel surya kemudian disimpan kedalam sebuah tabung untuk di distribusikan keseluruh instalasi pipa dalam rumah anda.

Sebagai Negara yang berada pada daerah katulistiwa dan beriklim tropis, masyarakat di Indonesi akan diberikan sinar matahari sepanjang tahun yang tentunya akan sangat menguntungkan dengan penggunaan solar water heater.

Meskipun dalam situasi alam yang terkadang sedang mengalami cuaca buruk ketika memasuki musim hujan dan sinar matahari tidak bisa didapatkan, unit mesin ini masih bisa memanaskan air dengan daya cadangan listrik akan tetapi hanya beberapa watt saja.

Lebih hemat secara finansial

Berhubung penggunaan daya listrik hanya pada saat tertentu saja, maka sudah pasti tagihan biaya listrik untuk solar water heater labih minim daripada jenis pemanas air model listrik.

Hanya saja biaya yang lebih besar memang dibutuhkan ketika awal pemasangan selain harga beli alat ini yang masih tergolong mahal. Namun jika di lihat dari pelayanan servis yang diberikan, biasanya distributor memberikan garansi dalam waktu yang cukup panjang bahkan hingga 8 tahun.

Dalam rentang waktu tersebut, jenis pemanas air listrik ataupun model gas biasanya sudah sering mengalami kerusakan bahkan tidak jarang ada yang sudah menggantinya hingga 3 kali.  Maka berapa biaya yang dibutuhkan pada akhirnya tetap lebih besar belum lagi tagihan listrik setiap bulannya dibanding dengan pemanas air tenaga surya. Baca juga tentang penggunaan alat penghemat listrik.

Teknologi ramah lingkungan serta lebih aman

Dengan memanfaatkan energy matahari yang alami sudah tentu alat ini tidak akan menghasilkan sisa proses pemanasan seperti asap ataupun zat berbahaya lainnya.

Lain dengan pemanas air listrik yang pada prosesnya akan menghasilkan karbon dioksida selain resiko kebocoran yang lebih membahayakan karena arus listrik dapat merambat mengikuti air.

Belum lagi jika terjadi konsleting yang pastinya akan memicu timbulnya kebakaran jika tidak lekas diketahui oleh pemiliknya.

Untuk pemanas air model gas, lebih jelas lagi akan menghasilkan asap pembakaran bahkan lebih berbahaya apabila ada kebocoran pipa gas yang resiko kebakaran ataupun ledakan cenderung lebih besar.

Demikian tadi ulasan singkat mengenai beberapa keuntungan serta keunggulan memakai pemanas air tenaga surya yang sudah jelas lebih aman, hemat serta minim akan resiko bahaya yang ditimbulkan bahkan sudah di akui dunia bahwa solar water heater lolos dari uji emisi standart ISO.