Breaking Post
Home » Health » Beauty » Cara Menghilangkan Kutu Rambut Dengan Mudah dan Ampuh

Cara Menghilangkan Kutu Rambut Dengan Mudah dan Ampuh

Ingin tahu cara menghilangkan kutu rambut? Rasa gatal dikepala yang sangat meresahkan, apalagi saat cuaca panas, tentu akan membuat penampilan berantakan.

Hadirnya parasit yang satu ini akan membuat penderitanya sering menggaruk garuk kepala karena kutu tersebut telah masuk pada kulit kepala untuk menghisap darah. Masalah ini harus segera di atasi karena dalam waktu yang sangat cepat kutu dapat berkembang biak menjadi semakin banyak hanya dalam waktu 8 hari.

Kutu rambut ini juga tergolong parasit yang sangat mudah menular. Jika salah satu anggota keluarga ada yang menderitanya, maka akan ada besar kemungkinan anggota keluarga yang lain tertular. Bisa melalui handuk yang dipakai bersama, interaksi bersentuhan antara rambut, bantal, sofa, maupun karpet yang ada di ruang keluarga.

Penyebab Timbulnya Kutu Rambut

Membasmi-kutu-rambut-kepalaParasit kepala ini ada bukan datang karena wabah maupun penyakit musiman, akan tetapi lebih cenderung disebabkan oleh faktor lingkungan.

Yaitu dibawa dari satu orang ke orang lainnya melalui perantara yang bermacam macam. Misalkan saja anda pergi ke salon potong rambut dan kebetulan alat yang dipakai bekas dari seseorang yang menderita masalah kutu rambut ini, ada kemungkinan resiko menular kepada anda.

Kebiasaan buruk malas membersihkan rambut juga menjadi pemicu hadirnya kutu bersarang dikepala anda.

Upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah kehadiran parasit menyebalkan ini bisa dengan menjaga kebersihan meliputi, pakaian yang anda kenakan, perlengkapan tidur, dan tempat tempat yang rawan dihinggaapi kutu seperti sofa, karpet, juga helm yang kurang terjaga dalam kebersihannya.

Berikut adalah beberapa cara menghilangkan kutu pada rambut yang bisa anda terapkan dengan menggunakan bahan bahan murah dan aman. Simak juga artikel tentang tips menjaga rambut tetap indah tidak kusut saat tidur.

Membasmi Kutu Rambut Dengan Alami

Jus Lemon (perasan jeruk nipis). Sifat asam yang dimiliki buah jeruk akan sangat efektif untuk mengusir kutu di rambut. Sediakan perasan atau jus lemon yang segar kemudian gunakan untuk membasahi rambut secara merata. Diamkan selama kurang lebih setengah jam selanjutnya di bilas menggunakan air hangat.

Perawatan dengan jus lemon dan sedikit cuka ini dapat menghilangkan kutu dengan cepat. Mulai dari orang dewasa hingga anak-anak sangat cocok menggunakan cara yang ini karena tidak membahayakan rambut.

Minyak Zaitun. Minyak hasil ekstraksi buah zaitun ini merupakan bahan perawatan kulit yang tidak pernah kehabisan peminat, hal ini dikarenakan minyak zaitun memberikan segudang khasiat untuk kesehatan maupun kecantikan, salah satunya menghilangkan kutu rambut.

Oleskan minyak zaitun ke seluruh permukaan kulit kepala hingga mencapai tiap helai rambut sebelum anda tidur. Tutup rambut anda menggunakan Shower-Cap kemudian tidurlah dengan posisi yang nyaman. Hingga esok hari saatnya anda membersihkan rambut dengan keramas sampai bersih.

Metode ini sangat ampuh membunuh kutu rambut beserta telornya dan sangat aman untuk kesehatan, karena tidak memiliki efek samping terhadap kulit maupun rambut.

Bawang Merah. Salah satu jenis rempah ini biasa dijadikan bumbu dapur dan obat sejumlah penyakit, tapi siapa yang mengira kandungan sulfur di dalam bawang merah dapat dimanfaatkan untuk membasmi kutu pada rambut.

Ambil 5 siung bawang merah, kemudian blender sampai menjadi kental seperti pasta. Balut dengan kain dan peras sampai keluar airnya, tampung dalam mangkuk.

Oleskan minyak bawang pada kulit kepala, pijat perlahan kemudian tutup menggunakan shower-cap. Diamkan selama kurang lebih dua jam. Keramas dengan shampo seperti biasa, namun air harus hangat. Keringkan dengan handuk secara perlahan, kemudian sisir menggunakan sisir kutu untuk mengusir mereka dari rambut Anda.

Cuka. Kadar asam asetat dalam cuka sangat efektif untuk membunuh kutu dan menghancurkan telur kutu yang belum menetas. Tetapi efek samping yang timbul terkadang merugikan, untuk itu sebelum Anda gunakan untuk mengoles rambut sangat penting menambahkan air secukupnya.

Mencegah Kutu Rambut Datang Kembali

Cara efektif mencegah datangnya kutu rambut hanya dapat anda lakukan dengan berusaha menjaga kebersihan sesuatu yang selalu berhubungan dengan diri anda sendiri.

Menghindari berdekatan dengan seseorang yang telah diketahui menderita kutu kepala. Biasanya untuk yang sudah parah akan kelihatan dengan adanya bintik putih pada batang batang rambut itu adalah telor yang belum menetas.

Hal paling utama untuk menghindari parasit ini adalah dengan selalu menjaga kebersihan rambut anda setiap harinya. Selamat mencoba. Baca juga artikel menarik lainnya tentang tips membuat wajah putih mulus tanpa makeup.