Breaking Post
Home » Technology » Cara mengatasi layar sentuh smartphone android bermasalah

Cara mengatasi layar sentuh smartphone android bermasalah

Masalah layar sentuh android atau smartphone lainnya yang terkadang macet tidak bisa di geser sebenarnya bukan pertanda bahwa perangkat tersebut benar benar sudah rusak.

Cara mengatasinya tidak harus dengan terburu buru panik mencari tukang service handphone yang bisa jadi justru kalau dapatnya tukang yang tidak jujur malah akan di kenakan biaya yang tidak murah.

Pertolongan pertama mengatasi masalah layar sentuh smartphone macet

Mengatasi layar sentuh macetDikutip dari situs Joy off Android, ada beberrapa tips bagaimana cara mengatasi persoalan pada layar android yang tiba tiba macet tidak dapat di geser ataupun tidak merespon saat disentuh.

1. Restart perangkat dengan tombol shortut

Ini adalah tindakan yang paling cepat untuk mengatasi persoalan tersebut yaitu dengan me-rebot (restart) perangkat memakai tombol shortcut.

Ketika layar sentuh benar benar tidak ada respons maka untuk melakukan restart tentunya harus dengan cara yang agak ekstrim diantaranya adalah:

  • Melepas baterai ponsel
  • Tekan tombol vol up + down bersamaan tombol power (khusus android)

Me-restart dipercaya dapat mengatasi berbagai permasalahan, bahkan tidak hanya di perangkat Android, di Windows dan iOS pun hal tersebut merupakan jurus terakhir untuk mengatasi permasalahan layar sentuh yang macet.

Setelah ponsel bisa menyala dan layar mulai ada respon, maka jangan menunda untuk melakukan langkah berikutnya.

2. Bebaskan RAM dari aplikasi yang membandel

Ini adalah salah satu penyebab layar sentuh ponsel sering ‘macet’ karena RAM yang sudah terlalu terbebani.

Jumlah aplikasi dan game yang terlalu banyak dan terbuka secara bersamaan kemudian karena kapasitas RAM yang terlalu kecil merupakan alasan tepat kenapa memory RAM ponsel harus segera dibebaskan.

Pemilik ponsel android atau smartphone lainnya harus paham mana diantara aplikasi yang terpasang tersebut cukup penting atau justru tidak berguna sama sekali.

Dengan demikian sebaiknya aplikasi maupun game yang kurang berperan penting dan cukup memberatkan kinerja ponsel harus segera dihapus permanent.

3. Gunakan kalibrasi

Kemudian setting atau masuk ke pengaturan kalibrasi yang ada pada perangkat ponsel.

Hal ini bertujuan untuk menyesuaikan kepekaan layar sentuh dengan sentuhan dan pengaturan ini selalu sediakan oleh developer perangkat. Simak juga tentang cara mengatasi baterai ponsel menggelembung dan beberapa hal yang tidak boleh dilakukan pada android.