Breaking Post
Home » Health » Diet » Macam-macam pilihan diet /Jenis-jenis diet

Macam-macam pilihan diet /Jenis-jenis diet

Banyak fariasi pilihan dari macam dan jenis diet yang telah populer saat ini. Alasan utama dari kebanyakan orang melakukan program diet adalah karena adanya kelebihan berat badan atau obesitas. Terjadinya obesitas atau kelebihan berat badan adalah karena tubuh menyimpan terlalu banyak lemak. Hal ini sangat mempengaruhi penampilan selain itu juga dapat membuat tubuh seseorang menjadi rentan terhadap serangan penyakit tertentu seperti tekanan darah tinggi, diabetes, juga resiko serangan jantung. Dengan demikian, beberapa pilihan jenis diet yang bisa di ambil adalah sebagai berikut:

Diet Rendah Lemak

Tips diet sehat

img by: http://alexdavis.com.au/

Pilihan diet ini tidak berarti berhenti atau tidak memakan semua jenis makanan yang memiliki kandungan lemak, karena perlu diketahui bahwa tubuh yang sehat juga tetap memerlukan asupan lemak. Di dalam tubuh lemak berfungsi sebagai sumber energi agar tubuh mampu melakukan berbagai macam aktifitas. Dalam setiap harinya tubuh memerlukan asupan lemak sebanyak 30-35% dari total kalori yang ada.

Jika anda menentukan pilihan program diet ini, hal yang wajib di lakukan adalah menghindari konsumsi makanan yang banyak mengandung lemak jenuh seperti makanan gorengan.

Diet rendah lemak yang baik untuk kesehatan bisa di pilih beberapa di antaranya adalah makanan-makanan sebagai berikut:

  • Tahu

Makanan ini di hasilkan dari kacang kedelai yang manfaatnya sangat baik untuk kesehatan karena memiliki kandungan protein nabati yang tinggi, rendah lemak, dan memiliki komposisi asam amino paling lengkap.

  • Gandum

Salah satu jenis padi-padian ini banyak di konsumsi oleh masyarakat sebagai bahan makanan pokok. Salah satu bentuk olahan dari gandum yang bisa di jadikan menu sehari-hari adalah pasta gandum yang biasanya memiliki rasa lebih manis. Gandum juga memiliki kandungan serat yang tinggi, rendah lemak, kaya vitamin, mineral dan sangat mudah di cerna oleh usus.

Protein dan zat besi yang didapat dari gandum mampu menjadi antioksidan serta dapat menangkal radikal bebas selain di percaya dapat mencegah penyakit jantung dan kanker.

  • Kentang

Selain menjadi olahan makan pokok, sebagian besar makanan camilan juga diolah dari bahan kentang. Kentang merupakan salah satu bahan makanan yang rendah lemak, bahan makanan ini juga kaya akan vitamin C yang dapat menjaga sistem kekebalan tubuh, jantung dan kulit.

  • Madu

Cairan kental yang di hasilkan oleh lebah ini memiliki rasa manis dari kandungan monosakarida fruktosa dan juga glukosa yang komposisinya sangat tepat untuk kesehatan. Kandungan yang terdapat di dalam madu dapat di serap dengan cepat oleh system pencernaan dan berfungsi sebagai antibiotic guna mengatasi masalah-masalah di antaranya ialah mengalahkan bakteri yang jahat serta meningkatkan antioksidan dalam tubuh serta menangkal kuman yang dapat menyebabkan infeksi.