Breaking Post
Home » OTOMOTIF » Masalah motor matic bergetar bersuara di roda belakang

Masalah motor matic bergetar bersuara di roda belakang

Getaran-motor-maticKetika motor matic anda terasa bergetar dan timbul suara yang aneh di roda belakang, masalah ini tidak bisa dianggap biasa karena akan berakibat lebih serius jika anda lalai untuk segera melakukan tidakan.

Getaran yang berasal dari bagian roda belakang akan lebih terasa jika motor dikendarai pada laju antara kecepatan 40 hingga 70 km/j. Diatas kecepatan tersebut kadang justru tidak terasa lagi getarannya karena momen yang sudah menjadi lebih ringan.

Analisa tahap pertama untuk mencoba memastikannya, anda bisa melakukan pada saat motor di standartkan kemudian putar roda belakang. Jika tidak terjadi masalah, biasanya putaran akan terasa langsam dan ringan tanpa ada beban yang berarti.

Masalah akan terdeteksi apabila pada saat roda belakang anda putar kemudian terdengar suara menggerus dan agak berat. Sebenarnya ini tidak ada hubungannya dengan transmisi namun lebih mengarah pada bagian bearing puli yang sudah mengalami keausan.

Segeralah melakukan penggantian 1 set bearing yang terdiri dari 2 buah untuk bagian luar dan dalam. Harga komponen ini berkisar antara 60 hingga 70 ribu Rupiah dengan kualitas original.