Breaking Post
Home » Fun » Motivasi » Tips cara melamar kerja agar diterima

Tips cara melamar kerja agar diterima

Sulitnya mencari pekerjaan membutuhkan strategi yang tepat agar tidak selalu gagal ketika sedang mengajukan lamaran kerja. Membuat puluhan ataupun ratusan lamaran pekerjaan yang dikirim tidak dapat menjamin Anda bisa mendapatkan sebuah pekerjaan yang cocok dengan apa yang Anda impikan. Oleh sebab itu anda harus menguasai beberapa trik untuk menjadikan surat lamaran kerja anda lebih efektif dan dapat dengan mudah mendapatkan pekerjaan.

Sampaikan pekerjaan apa yang ingin anda dapatkan

Melamar-kerja-agar-diterimaLangkah ini menuntut anda agar tidak begitu saja pasrah dengan kriteria posisi kerja yang di tentukan oleh perusahaan dimana anda akan mengajukan lamaran. Siapapun yang mengetahui kemampuan dari pribadi anda adalah anda sendiri. Untuk itu, berupaya menyampaikan apa yang menjadi kemampuan anda adalah lagkah yang paling tepat agar perusahaan bisa dengan mudah memposisikan anda sebagai apa.

Membuat lamaran kerja jika pekerjaan itu cocok dengan anda

Pastikan bahwa anda memiliki alasan yang kuat kenapa memilih pekerjaan tersebut. Jangan sampai Anda membuat perusahaan tersebut berpikir mengapa Anda sampai bisa melamar di perusahaan mereka. Buang jauh jauh pemikiran atau prinsip mengadu nasib, bahwa siapa tahu anda beruntung dengan menjalani pekerjaan itu meskipun anda sama sekali kurang nyaman.

Dengan tips cara melamar kerja agar diterima ini, mulailah menulis surat lamaran kerja secara profesional, pahami dengan seksama bahwa surat lamaran tersebut bukan hanya sekedar persyaratan untuk mengajukan diri anda. Ada bagian yang lebih penting dengan apa yang akan anda tuliskan yaitu, bahwa sebuah surat lamaran kerja akan lebih berbobot jika mampu memberikan gambaran tentang poin utama siapa diri anda sebenarnya, dan bisa meyakinkan bahwa pekerjaan itu memang cocok dengan karakter, serta kemampuan anda.

Menjalin komunikasi yang baik dan sopan

Jika telah mencapai tahap wawancara kerja, beranikanlah untuk menjalin sebuah komunikasi dengan sopan dan santun seperti meminta informasi kontak dari perusahaan. Dengan ini anda hanya memiliki alasan bahwa jika suatu saat ada yang perlu di sampaikan, apakah anda diperbolehkan untuk menghubungi pihak perusahaan. Aktifitas seperti ini bisa diartikan bahwa secara sopan anda telah melakukan follow up terhadap lamaran kerja anda.

Meskipun pada akhirnya anda kurang beruntung, tetaplah berusaha untuk bersikap professional dengan sedikit basa basi bertanya apakah anda dapat meminta mereka memberikan informasi jika ada kesempatan lain untuk Anda. Dengan cara ini ada kemungkinan mereka memandang Anda memang memiliki antusias yang cukup kuat untuk bergabung dengan perusahaan.