Breaking Post
Home » Architect » Ingin membangun rumah murah? susun rencana dan perhitungannya

Ingin membangun rumah murah? susun rencana dan perhitungannya

Apakah rencana membangun rumah murah hanyalah sebuah impian belaka, dimana situasi sekarang yang serba sulit karena begitu cepatnya harga berubah semakin naik, sedangkan penghasilan masih tetap stagnan dan belum menunjukkan adanya peningkatan. Keadaan sedemikian ini memang sedikit menghalangi apabila anda tengah mengidamkan memiliki sebuah hunian yang nyaman dan tentunya adalah sudah milik pribadi.

Pada dasarnya untuk bisa membuat konsep sebuah bangunan rumah dengan budget yang murah itu memang tidak mudah. Sebuah perencanaan dan perhitungan yang matang perlu anda pahami mulai dari menentukan desain dan efisiensi pada prakteknya kelak.

Membangun-rumah-murahMembangun rumah yang bagus, nyaman dan berkualitas tidak harus dibangun dengan anggaran atau biaya yang selalu mahal. Hal ini masih bisa disiasati dengan dengan beberapa teori yang masih sangat mungkin untuk di laksankan bahkan dengan hasil yang tetap memuaskan. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa anda palajari untuk dapat membuat rumah murah namun tidak akan dianggap murahan.

Memilih desain type minimalis

Saat sekarang ini memang tengah popular konsep hunian dengan type minimalis modern. Rumah minimalis identik dengan bentuk bangunan yang kecil akan tetapi tetap mengutamakan tampilan yang modern serta tata ruang yang tidak menyimpang dari estetika sebuah bentuk rumah tinggal. Desain minimalis mengacu pada kesederhanaan dan hemat akan lahan. Namun jika anda telah memahami dan bisa merias hunian anda dengan tepat, tentu saja hasilnya tidak akan kalah dengan tampilan rumah mewah.

Efisiensi ruang multi fungsi

Buatlah konsep awal desain rumah murah dengan merencanakan ruangan apa saja yang hendak di buat dengan melihat fungsi pokoknya atau fungsi utamanya. Dengan kondisi biaya yang pas pasan, janganlah berusaha menciptakan ruang ruang yang sebenarnya kurang begitu penting. Pada intinya, konsep rumah murah haruslah mengutamakan ruangan yang  paling berperan sebagai pelengkap dan memenuhi estetika sebuah bangunan hunian yaitu memiliki kamar tidur, dapur, kamar mandi dan ruang tamu.

Merencanakan ruangan yang selebihnya seperti garasi, ruang nonton tv, gudang, memang akan menjadikan fungsional rumah menjadi lebih sempurna. Akan tetapi jika terbentur dengan anggaran, alangkah lebih baik jika menunda terlebih dahulu untuk merencanakan semua itu.

Perencanaan dan konsep desain yang matang

Poin terakhir ini adalah yang paling penting jika anda hendak membangun sebuah rumah murah namun tetap layak sebagai hunian yang nyaman bagi keluarga anda.

Jika lahan telah tersedia, selanjutnya adalah menentukan desain yang mengacu pada fungsional dan ketersediaan dana yang dipersiapkan. Untuk pekerjaan ini jika anda adalah orang yang masih awam dalam ilmu sipil tentu akan sulit untuk melakukannya. Oleh sebab itu akan lebih baik jika bagian ini anda mencoba berkonsultasi dengan ahlinya agar perencanaan yang anda buat bisa terjamin keakuratannya.

Keutamaan seorang konsultan adalah sebagai sumber referensi yang akan membuat perhitungan mulai dari rencana desain hingga pelaksanaan pekerjaan hingga finish bahkan termasuk ongkos biaya konsultan tersebut. Seorang konsultan akan menyesuaikan kondisi keuangan anda dengan kualitas bahan yang akan di aplikasikan serta waktu lamanya pekerjaan. Dengan demikian proses pekerjaan rumah murah anda akan dijalankan sesuai dengan konsep sehingga kecil kemungkinan akan terjadi over budget yang mengakibatkan proyek bangunan anda terhenti ditengah jalan.