Breaking Post
Home » Health » Baby » Menu pelengkap dan makanan sehat untuk bayi usia 10 bulan

Menu pelengkap dan makanan sehat untuk bayi usia 10 bulan

Bayi memasuki usia 9-12 bulan atau sekitar 10 bulan perlu diperkenalkan dengan beraneka ragam makanan sehat sebagai pelangkap nutrisinya.

Cara pemberian bisa dilakukan dengan dicampurkan kedalam makanan lembek sebagaimana lauk dan sayuran. Pengenalan berbagai bahan makanan sejak dini khususnya bayi usia skitar 10 bulan akan berpengaruh baik terhadap kebiasaan makan yang sehat dikemudian hari. Berikut adalah menu makanan bayi 10 bulan yang bisa anda coba untuk buah hati tercinta.

Bubur jagung ceker ayam nutrisi protein bayi usia 9-12 bulan

Bahan:
3 potong ceker ayam yang sudah dibersihkan, memarkan
1 liter air untuk merebus ceker ayam
½ sdm margarin
15 g bawang bombay, cincang halus
40 g beras, kukus setengah matang (beras aron)
50 g jagung manis pipil segar, haluskan
½ buah tomat, buang bijinya dan potong kotak

makanan-bayi-10-bulanCara membuat:
Rebus ceker ayam dengan air hinga daging ceker lunak dan terlepas dari tulang. Sisihkan daging ceker ayam dari tulangnya, saring dan ambil kaldunya.

Panaskan margarin, tumis bawang bombay sampai harum. Masukkan daging ceker, angkat. Masukan beras aron dan jagung halus, 250 ml kaldu ceker ayam, dan tumis ceker ayam. Aduk dan masak hingga matang menjadi bubur. Masukkan tomat, aduk rata hingga matang. Angkat dan sajikan.

Info Gizi:
Ceker ayam mengandung protein dan kalsium untuk perkembangan otak dan pertumbuhan tulang serta gigi. Setiap 100 g cker ayam mengandung energi 150 kal, protein 19 g, lemak 8 g, karbohidrat 0,4 g, kalsium 88 mg, fosfor 83 mg, dan besi 1,5 mg.

Nilai gizi per porsi:
Energi : 84,2 gram
Protein : 4,5 gram
Lemak : 3,6 gram
Karbohidrat : 8,3 gram

Baca juga:

Kentang panggang campur keju nutrisi karbohidrat paling tepat untuk bayi

Bahan:
½ margarin
1 siung bawang putih, cincang halus
1 sdm daging ayam giling
1 buah kentang (+ 100 gram)
1 kuning telur ayam, kocok
50 ml susu cair/formula yang dilarutkan dengan air
25 g wortel, parut
1 sdm keju parut

Cara membuat:
Panaskan margarin, tumis bawang putih hingga harum. Masukkan daging ayam giling, aduk sampai matang. Angkat dan sisihkan. Kukus kentang hingga matang, lalu haluskan selagi panas. Campur dengan kuning telur, tumisan ayam, susu cair, wortel, dan parutan keju, aduk rata. Tuang adonan kentang ke dalam wadah tahan panas yang dioles margarin lalu panggan sekitar 20 menit. Sajikan.

Info Gizi:
Kentang merupakan salah satu sumber karbohidrat yang cukup tinggi. Setiap 100 g susu kentang mengandung energi 83 kal, protein 2 g, lemak 0,1 g, karbohidrat 19,1 g, kalsium 11 mg, fosfor 56,7 mg, dan besi 0,7 mg.

Nilai gizi per porsi:
Energi : 55,4 gram
Protein : 2,4 gram
Lemak : 0,9 gram
Karbohidrat : 8,9 gram

Demikian tips resep menu makanan bayi 10 bulan yang bisa anda coba untuk memanjakan sang buah hati tercinta agar tumbuh dengan sehat. Selamat mencoba. Simak juga tentang solusi mengatasi anak sering muntah.<Rika>.