Breaking Post
Home » Fun » Tips Membuat Media Yang Tepat Untuk Menanam Sayuran Dalam Polybag

Tips Membuat Media Yang Tepat Untuk Menanam Sayuran Dalam Polybag

PolybagApakah Anda suka bercocok tanam? Atau Anda suka berkebun? Pasti Anda sudah tidak asing dengan istilah polybad ini. Ploybag adalah sebuah media tanaman atau tempat untuk tanaman tumbuh yang berasal dan terbuat dari kantong plastik.

Hal ini sudah banyak dilakukan oleh para pembudi daya tanaman yang ada di Indonesia dan di luar negeri. Menanam tanaman dengan menggunakan polybag dapat menghememat pengeluaran Anda karena media ini dapat menjadi penggantinya pot.

Dengan polybag ini tugas selanjutnya adalah membuat media untuk menanam tanaman Anda. Hal yang perlu  diketahui  bahwa media untuk bercocok tanam ada banyak sekali macamnya. Nah untuk itu, Anda harus mengetahui media mana saja yang cocok untuk digunakan jika Anda memilih menggunakan media polybag.

Di ulasan yang berikut ini, Anda akan menemukan tata cara untuk membuat media tanam sayuran di dalam polybag.

Membuat Media Tanam Sayuran dalam polybag

Sebelum memulainya, Anda harus mengetahui beberapa hal mengenai persyaratan untuk media tanam yang baik, diantaranya adalah

  1. Mampu menyediakan ruang untuk tumbuh bagi akar tanaman dan juga sanggup untuk menopang tanaman
  2. Memiliki porositas yang lancar, artinya dapat menyimpan air dan juga mempunyai drainase atau kemampuan mengalirkan air dan juga aerasi atau kemampuan untuk mengalirkan oksigen dengan baik.
  3. Menyediakan cukup unsur hara baik makro atau pun mikro.
  4. Tidak mengandung penyakit, media tanam harus benar – benar bersih dari hama dan penyakit.

Dan bahan pembuatan media tanamnya adalah sebagai berikut:

  1. Tanah (bahan utama)

Tanah yang dapat digunakan untuk media tanam yang baik adalah yang diambil dari lapisan bagian atas atau (top soil).

  1. Kompos atau humus

Kompos adalah bahan organik yang berguna sebagai penyedia unsur hara untuk tanaman.

  1. Arang sekam atau sabut kelapa

Arang sekam adalah hasil dari pembakaran yang tak sempurna dari sekam padi. Arang sekam ini berguna untuk dapat meningkatkan kapasitas porositas dari tanah ini sendiri.

Cara membuat media tanam organic:

 

  • Siapkan tanah yang nampak gembur dan juga subur, lebih baik jika diambil dari bagian yang paling atas. Kemudian ayak tanah itu sehingga menjadi butiran – butiran yang halus. Usahakan tanah yang Anda gunakan dalam keadaan kering jadi tidak akan menggumpal. Karena anah yang menggumpal akan mengakibatkan bahan-bahan tidak tercampur dengan rata.
  • Kemudian siapkan kompos yang sudah matang, dapat diambil dari jenis kompos biasa, contohnya seperti bokashi atau kompos takakura. Kemudian ayak kompos atau juga humus tersebut sampai menjadi butiran yang halus.
  • Siapkan arang sekam , kemudian campurkan tanah, dan kompos, serta arang sekam dalam sebuah wadah atau tempat. Komposisi campuranya adalah 2 bagian tanah, 1 bagian kompos serta 1 bagian dari arang sekam (2:1:1). Aduk secaramerata.
  • Siapkan pot atau juga polybag, masukkan campuran itu kedalamnya. Media tanam telah siap digunakan.

Demikian cara untuk membuat media tanam dalam polybag. Semoga artikel di atas dapat bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa baca juga tentang tips menanam cabe merah serta artikel lainnya tentang cara membuat pupuk organik.