Breaking Post
Home » Fun » Tips » Cara Membuat Pupuk Organik Cair Sendiri Dengan Bahan Yang Murah

Cara Membuat Pupuk Organik Cair Sendiri Dengan Bahan Yang Murah

Membuat Pupuk Organik CairMempunyai tumbuhan yang sehat dan berkualitas pastinya menjadi dambaan semua petani atau penanam. Oleh karena itu Anda harus rajin – rajin dalam merawat tanaman Anda agar tidak layu atau terserang bibit penyakit yang dapat mematikan tanaman Anda.

Merawat tanaman juga membutuhkan kesabaran dan ketelatenan tersendiri. Namun jika hasil yang didapatkan bagus, pastinya Anda sendiri yang akan merasakan hasil dari kerja keras Anda.

Ada banyak cara untuk merawat tanaman. diantaranya yang lazim adalah menyiraminya setiap hari, membuang gulma yang ada di sekitar tanaman itu serta memberinya pupuk. Yang mana pupuk itu sendiri biasanya ada dua macam yaitu pupuk kompos dan juga pupuk cair.

Pada ulasan yang kali ini, akan dibahas mengenai bagaimana cara membuat pupuk organic yang berbentuk cair agar Anda dapat membuatnya sendiri di rumah dengan bahan serta biaya murah agar tanaman dapat tumbuh lebih baik.

Cara Membuat Pupuk Organik Cair

Membuat pupuk cair

img by: bemuttaiwan.blogspot.com

#1 Pertama Anda dapat siapkan bahan-bahan yang berikut ini: 1 karung kotoran ayam, kemudian setengah karung dedak, 30 kg hijau – hijauan (jerami atau gedebong pisang), 100 gram gula merah, air bersih dan juga 50 ml bioaktivator (EM4).

#2 Siapkan tong plastik yang kedap udara dengan ukuran 100 liter sebagai media untuk pembuatan pupuk, kemudian satu meter selang aerotor yang transparan dengan diameter kira-kira 0,5 cm, botol plastik bekas ukuran 1 liter. Lalu lubangi bagian tutup tong sesuai dengan ukuran selang aerotor.

#3 Potong – potong bahan-bahan organik yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Kemudian masukkan ke dalam tong lalu tambahkan air secukupnya, komposisinya sebagai berikut 2 bagian bahan organik, bagian yang satunya bagian air. Kemudian aduk-aduk sampai merata.

#4 Larutkan bioaktivator yaitu EM4 dan juga gula merah 5 liter air aduk sampai merata. Kemudian tambahkan larutan itu ke dalam tong yang telah berisi bahan baku pupuk.

#5 Tutup tong dengan rapat – rapat, lalu Anda dapat masukan selang melalui tutup tong yang sudah diberi lubang. Rekatkan tempat selang untuk masuk sehingga tidak ada celah untuk Biarkan ujung selang yang satunya masuk ke dalam botol yang sudah diberi air.

#6 Pastikan sudah benar-benar rapat, karena reaksinya yang ditimbulakan akan berlangsung secara anaerob. Fungsi selang yaitu untuk menyeimbangkan suhu adonan dengan cara membuang gas yang dihasilkan.

#7 Tunggu hingga 7 sampai 10 hari. Untuk mengetahui tingkat kematangan,Anda dapat membuka penutup tong dan cium bau adonan. Apabila baunya seperti tape, adonan tersebut telah matang.

Pisahkan antara cairan dan ampasnya dengan menyaringnya. Gunakan kain untuk menyaringnya. Ampas adonan dapat digunakan untuk pupuk organik padat.

#8 Masukkan cairan yang sudah melewati penyaringan ke dalam botol plastik atau kaca, kemudian tutup dengan rapat. Pupuk organik cair sudah jadi dan siap untuk digunakan. Apabila Anda dapat mengemas dengan baik, pupuk dapat digunakan sampai 6 bulan.

Demikian cara untuk membuat pupuk organic cair. Selamat mencoba. Baca juga artikel lainnya tentang cara mengusir tikus dari rumah serta ulasan lain mengenai peluang usaha budidaya cabe merah.