Breaking Post
Home » Health » Diet » Jenis Diet Vegetarian Apakah Menyehatkan dan Aman untuk Kesehatan?

Jenis Diet Vegetarian Apakah Menyehatkan dan Aman untuk Kesehatan?

Dengan memilih diet vegetarian artinya adalah jenis diet dengan cara menghindari semua jenis makanan yang berbahan dasar daging dan mengutamakan menu makanan yang berbahan dasar sayuran namun tetap diimbangi dengan konsumsi buah-buahan sebagai menu penting dalam proses diet vegetarian.

Sayuran yang kaya akan vitamin, mineral, zat besi, protein dan tinggi serat memang sangat menyehatkan bagi tubuh. Beberapa di antaranya yang bisa di pilih sebagai menu sayuran adalah brokoli, tomat, paprika, terong dan lain sebagainya.

Diet-vegetarian

img by: http://goweloveit.s3.amazonaws.com/

Telah diketahui bahwa diet vegetarian adalah mengkonsumsi menu utama dari buah dan sayur, akan tetapi itu semua tidaklah dianggap telah mencukupi semua keperluan nutrisi untuk tubuh. Dengan demikian asupan suplemen tambahan tetap saja diperlukan guna menunjang kurangnya asupan sumber protein hewani karena berfungsi untuk mencukupi kebutuhan zat besi dan vitamin B kompleks.

Contoh menu sayuran dalam program diet vegetarian:

Bahan-bahan: 200gram kedelai, 200gram kacang panjang, 200gram taoge, 400 gram kangkung, 200gram wortel.

Bumbu: 2 sdm air asam jawa, 4sdm air panas, 500ml air panas, 4bh cabe merah kriting, 3lbr daun jeruk, 2cm kencur, 5siung bawang putih, 1,5 sdt trasi bakar, 2sdt garam, 75grm gula merah.

  1. Haluskan bumbu kedelai, lalu campur dengan kacang kedelai yang sudah di sangrai dan telah di haluskan dan beri sedikit air panas.
  2. Tambahkan air asam ke dalam bahan dan bumbu aduk hingga rata sambil di panaskan.
  3. Tata kacang panjang, taoge, kangkung dan wortel di atas piring lalu siram dengan saus kedelai yang sudah matang.

Bahan dasar menu diet tersebut terdiri dari bahan-bahan yang kaya dengan protein yang baik untuk kesehatan tubuh. Misalnya: kandungan serat yang tinggi pada kedelai mampu menjaga berat badan. Kangkung mampu mmeningkatkan system kerja organ tubuh yang memiliki manfaat sebagai anti diabetes. Taoge untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan wortel mampu mengatasi masalah pencernaan. Serta kacang panjang yang bisa mengendalikan kadar gula dalam darah. Menu diet vegetarian dari bahan dasar sayuran di atas sangat cocok dan tepat untuk pemilihan program diet vegetarian.