Breaking Post
Home » Health » Mencegah urat saraf terjepit penyebab kelumpuhan

Mencegah urat saraf terjepit penyebab kelumpuhan

Jika anda pernah merasakan nyeri yang sangat hebat ketika sedang membungkuk atau menoleh, ada kemungkinan bahwa otot saraf anda sedang terjepit. Mengalami gangguan saraf seperti itu harus segera ditangani karena bisa berakibat fatal seperti kelumpuhan yang permanen.

Saraf terjepit cenderung menimbulkan rasa nyeri, mati rasa atau kebas. Pemicu utama disebabkan oleh kerusakan atau bergesernya susunan tulang atau sendi. Saraf terjepit bisa saja terjadi diberbagai tempat namun paling umum dianggap sebagai keluhan yang kebanyakan orang sering menderita adalah pada bagian leher.

Penyebab utama terjadinya saraf terjepit adalah karena kejadian traumatik, seperti mengangkat beban berat dengan posisi tubuh yang salah. Untuk beberapa orang penderita osteoporosis, gerakan yang salah sekali saja dapat menimbulkan trauma. Posisi duduk yang kurang tepat secara terus menerus juga bisa menjadi penyebab penyakit ini.

Saraf-nyeriBeberapa gerakan gerakan yang dapat memicu terjadinya saraf terjepit dan cara mencegahnya bisa anda pelajari dengan tips berikut ini:

Posisi duduk. Kesalahan yang sering terjadi pada saat duduk adalah duduk dengan posisi bermalasan bersandar sehingga terdapat ruang antara pinggang dan hanya bagian punggung atas yang menyandar. Posisi seperti ini menyebabkan struktur tulang belakang renggang dan melengkung sehingga dapat menekan bantalan antara ruas tulang belakang. Jika kejadian berlangsung lama dapat mengakibatakan bantalan ruas tulang belakang retak.

Posisi duduk yang benar adalah dengan duduk tegak bersandar penuh sekitar 90 derajat. Posisi demikian dapat menjaga struktur tulang belakang normal dan tidak mengakibatkan tekanan apapun pada bantalan ruas tulang belakang.

Kesalahan membungkuk yang paling sering dilakukan adalah ketika seseorang sedang mengambil barang di lantai sambil tetap berdiri. Hal ini juga dapat menjadi penyebab saraf terjepit karena posisi tulang belakang yang melengkung. Posisi yang benar adalah dengan cara jongkok ketika ingin menggapai sesuatu yang berada di bawah tubuh.

Tidur yang salah juga bisa membuat saraf terjepit seperti posisi bantal yang terlalu tinggi, bahkan juga dapat memicu terjadinya sakit kepala, nyeri leher, tangan dan bahu. Kasur yang terlalu empuk dapat juga menyebabkan tulang belakang melengkung yang berdampak nyeri pinggang dan kaki. Posisi tidur yang benar adalah dengan menggunakan bantal yang tidak terlalu tinggi lebih baik jika bisa mengikuti kedudukan kepala dan leher secara normal.