Breaking Post
Home » Health » Baby » Mengetahui macam dan jenis makanan pendamping ASI

Mengetahui macam dan jenis makanan pendamping ASI

macam-macam-pendamping-asi

img by: http://cdn.klimg.com/vemale.com/

Jenis MP-ASI. Dalam memilih jenis makanan penunjang atau pendamping asi yang baik hendaklah terbuat dari bahan makanan yang masih segar serta terjaga kualitasnya seperti kacang-kacangan, tempe, ikan, telur ayam, hati ayam, sayur mayur, dan buah-buahan dengan kualitas yang baik.

Jenis Makanan Pendamping ASI yang dapat diberikan kepada bayi adalah :

  1. Makanan Lumat yaitu jenis makanan dengan proses dihancurkan atau disaring terlebih dahulu dan bentuknya lebih kasar dari makanan lumat halus, sebagai contoh : bubur, pisang saring/kerok, susu, bubur sunsum, tomat saring, pepaya saring, serta nasi tim saring.
  2. Makanan Lunak adalah makanan yang dimasak dengan banyak air dan tampak berair, contoh : bubur nasi, bubur ayam, nasi tim dan kentang puri.
  3. Makanan Padat adalah makanan lunak yang tidak  nampak berair dan biasanya disebut makanan keluarga, contoh : lontong, nasi tim, kentang rebus dan biskuit.

Saat memilih dan menetukan makanan yang baik, akan lebih bermanfaat jika dimulai dengan makanan pokok kemudian memutuskan makanan lain yang akan ditambahkan.

Makanan Pokok adalah dimana semua masyarakat mempunyai makanan pokok. Makanan pokok merupakan makanan utama yang dikonsumsi, contohnya adalah serealia ( misalnya beras, gandum, jagung, padi-padian, umbi-umbian ).

Secara umum ada 2 jenis MP-ASI yaitu :

  1. MP-ASI pabrik yaitu MP-ASI hasil pengolahan pabrik yang biasanya sudah dikemas/instan, sehingga ibu tinggal menyajikan atau mengolah sedikit untuk diberikan kepada bayi.
  2. MP-ASI lokal yaitu MP-ASI buatan rumah tangga atau hasil olahan posyandu, dibuat dari bahan-bahan yang sering ditemukan disekitar rumah sehingga harganya terjangkau. Sering juga disebut MP-ASI dapur ibu, karena bahan-bahan yang akan dibuat makanan pendamping ASI di olah sendiri.

Syarat-syarat MP-ASI

Makanan pendamping ASI harus memenuhi persyaratan khusus terutama mengenai jumlah zat-zat gizi yang diperlukan oleh bayi, seperti protein, energi, lemak, vitamin, mineral, dan zat-zat tambahan lainya. Makanan pendamping ASI  hendaknya mengandung protein bermutu tinggi dengan jumlah yang mencukupi.

Makanan pendamping ASI yang memenuhi syarat adalah :

  1. Kaya energi, protein, dan mikronutrien ( terutama zat besi, zink, kalsium, vitamin A, vitamin C, dan folat ).
  2. Bersih dan aman, yaitu tidak ada pathogen ( tidak ada bakteri penyebab penyakit atau organisme yang berbahaya lainnya ), tidak ada bahan kimia yang berbahaya atau toksin, tidak ada potongan tulang atau bagian yang keras atau yang membuat anak tersedak.
  3. Tidak terlalu panas.
  4. Tidak terlalu pedas atau asin.
  5. Mudah dimakan oleh anak.
  6. Disukai anak.
  7. Tersedia di daerah anda dan harganya terjangkau.
  8. Mudah disiapkan.