Breaking Post
Home » Architect » Menghitung anggaran biaya membangun rumah kos

Menghitung anggaran biaya membangun rumah kos

Biaya-membangun-kos-kosanBiaya membangun rumah kos dapat di hitung setelah konsep dan analisa di lakukan dengan matang, meliputi penentuan lokasi, type rumah kos serta perijinan dan lain sebagainya.

Untuk dapat menjalankan proses pembangunan rumah kos mulai dari persiapan konsep serta rencana anggaran biaya (RAB), sangat di butuhkan ketersediaaan dana yang relatif besar dan tentunya harus berstatus ready. Kesiapan dalam menyediakan dana anggaran akan menunjang proses pembangunan dapat berjalan dengan lancar sesuai jadwal dan akan terhindar dari resiko proyek macet di tengah jalan hanya karena masalah ini.

Untuk perhitungan secara detail berapa dana yang perlu di sediakan hendaklah berkonsultasi kepada pihak konsultan yang telah di pilih dan telah terbukti kemampuannya dalam menjalankan proyek yang serupa. Dengan cara menyerahkan semua perhitungan, perencanaan, pelaksanaan, serta pengawasan penuh kepada konsultan maka akan dapat meminimalisir tingkat kesalahan perhitungan maupun kesalahan proses pembangunan.

Rencana Anggaran Biaya Membangun Rumah Kos untuk wilayah  surabaya  dan sekitarnya pada periode  tahun 2014 hingga 2015 berkisar di antara 3 sampai 3,6 juta per meter luasan dengan spesifikasi tergolong bangunan mewah karena menggunakan material kualitas terbaik.

Penurunan grid material atau penurunan spesifikasi (spek-down) masih dapat di lakukan namun tetap dalam batasan wajar agar kualitas yang dihasilkan tetap terjaga . Untuk membangun rumah kos pada dasarnya tetap sama dengan metode perhitungan membangun rumah tinggal ataupun jenis bangunan rumah lainnya. Hanya sedikit perbedaan di antara keduanya ialah bahwa untuk perhitungan biaya rumah kos harus mempertimbangkan modal investasi dan profit yang akan di hasilkan kelak. Sebagai contoh: jika membangun rumah kos dengan spek yang full kualitas terbaik, berapa nantinya tarif sewa kos yang akan di bebankan kepada penyewa per bulan?

Dengan segala pertimbangan, dalam menentukan anggaran biaya rumah kos hendaklah di sesuaikan dengan target pasar yang akan di jangkau. Maksud dari hal ini adalah memastikan bahwa rumah kos yang akan di bangun nantinya dapat menarik minat penyewa karena tarif yang sesuai kemampuan, serta bagi pemilik bangunan juga memperhitungkan berapa lama modal investasi tersebut akan kembali.