Breaking Post
Home » Health » Tips Menghilangkan Gatal Di Badan Menggunakan Cara Alami dan Aman

Tips Menghilangkan Gatal Di Badan Menggunakan Cara Alami dan Aman

Cara alami dan aman untuk menghilangkan gatal gatal di badan atau bagian vital selangkangan tentunya lebih direkomendasikan daripada memakai obat yang tidak melalui resep ahli kesehatan kulit.

Jangan pernah menganggap remeh masalah gatal meskipun awalnya hanya tampak kecil pada bagian tubuh tertentu.

Namun dampaknya bisa membuat kulit tidak akan mulus lagi dan meninggalkan bekas di garuk jika anda tidak segera mengambil tindakan untuk mengatasinya.

Menghilangkan gatal di badan memang bisa dilakukan dengan 2 metode yaitu menggunakan bahan alami dan obat modern yang mana keduanya memilki kelebihan dan kekurangan masing masing.

Jadi pada artikel ini hanya akan menerangkan obat tradisional apa saja yang mampu dan ampuh untuk menghilangkan gatal di kulit badan maupun bagian vital lainnya.

Penyebab atau pemicu timbulnya penyakit gatal pada kulit

Mengobati penyakit gatal di badan dan kulit  tubuh

Sebelum membahas pebih jauh mengenai cara penanganannya, sebaiknya anda memahami terlebih dahulu apa yang menjadi sumber penyebab timbulnya penyakit gatal ini.

Faktor alergi makanan

Pertama kita analisa dari faktor makanan yang juga kerapkali menjadi pemicu munculnya rasa gatal pada bagian tubuh tertentu.

Beberapa contoh makanan yang sering menimbulkan alergi gatal adalah susu, telur, makanan jenis kacang-kacangan, dan lain-lain.

Jika anda sudah dapat mengetahui makanan apa yang berdampak gatal pada tubuh sebaiknya mengurangi untuk mengkonsumsinya karena penyakit alergi kadang memang sangat sulit untuk di atasi secara medis.

Kebersihan yang kurang terjaga

Kemudian persoalan kebersihan badan maupun lingkungan tempat tinggal juga tidak kalah pentingnya untuk menjadi alasan kenapa bisa muncul penyakit gatal.

Bagi seseorang yang aktif, tentu saja tubuh akan mengeluakan keringat dan sudah pasti apabila keringat ini mengering akan dapat memicu masalah pada tubuh jika anda tidak segera mandi untuk membersihkannya.

Apalagi untuk area tubuh yang selalu tertutup seperti bagian selangkangan cenderung rawan sekali lembab dan akhirnya timbul gatal.

Setelah mampu menjaga kebersihan badan maka jangan pula abaikan mengenai kebersihan lingkungan terutama tempat anda tinggal.

Pastikan tidak ada pemicu berbahaya seperti sarang laba laba, ngengat dan lain lain yang dapat menyebabkan beragam penyakit kulit.

Efek gigitan serangga

Nah, inilah yang menjadi resiko apabila anda kurang menjaga kebersihan lingkungan khususnya tempat tinggal.

Serangga seperti nyamuk, ngengat, ulat dll sangat senang berkembang biak pada tempat-tempat yang kurang terjangkau oleh manusia.

Selain dapat menyebabkan gatal, gigitan serangga kadang juga bisa menimbulkan penyakit berbaya lainnya seperti penyakit demam berdarah maupun keracunan.

Faktor penyakit

Gatal juga bisa terjadi karena anda mengidap suatu penyakit yang dapat seperti penyakit cacar air yang mana benjolan cacar air ketika sudah mengering umumnya akan menyebabkan rasa gatal di seluruh tubuh.

Simak juga ulasan terkait tentang tips tampil cantik alami tanpa make up serta artikel menarik lainnya mengenai membuat masker teh hijau untuk menghaluskan kulit muka.

Menghilangkan penyakit gatal menggunakan obat tradisional berbahan alami

Apa saja yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit gatal sudah anda ketahui maka selanjutnya ialah bagaiamana cara mengatasinya menggunakan obat tradisioanal yang memakai bahan alami dan aman untuk kesehatan.

#1 Campuran garam dengan minyak goreng

Garam dan minyak goreng adalah bahan yang sudah biasa digunakan untuk memasak maka tidak perlu dragukan lagi bahwa metode ini akan aman untuk mengobati rasa gatal pada tubuh anda.

Cara penggunaanya ialah mencampurkan sedikit garam dengan mnyak goreng kemudian di oleskan pada bagian tubuh yang terasa gatal jika hal ini dipicu oleh gigitan serangga.

#2 Manfaatkan tumbuhan lidah buaya

Terkenal dengan nama aloe vera jelly yang terdapat pada tumbuhan ini terbukti mampu meredkan rasa gatal di badan.

Caranya pun cukup mudah yaitu ambil satu ruas lidah buaya dan potong menjadi 2 bagian kemudian ambil gell nya dan oleskan pada bagian tubuh yang terasa gatal.

Memang untuk pengobatan yang sebentar tidak akan langsung terasa efeknya. Oleh karena itu lakukan hal ini sesering mungkin demi untuk proses penyembuhan lebih cepat lagi.

#3 Kulit pisang juga ampuh mengobati rasa gatal

Tidak hanya buahnya saja yang memang dipercaya memiliki khasiat alami dapat menjaga kesehatan kulit tubuh karena kandungan vitaminnya yang sangat lengkap.

Namun kulit pisang tersebut ternyata juga memiliki manfaat untuk mengatasi rasa gatal-gatal pada kulit.

Caranya ambil kulit pisang dan tempelkan bagian dalam kulit pisang pada kulit yang terasa gatal. Kemudian pijat-pijat kulit pisang secara halus dan perlahan.

#4 Menggunakan ramuan daun salam

Bukan hanya untuk menyedapkan masakan saja loh, ternyata daun salam juga berkhasiat sebagai obat tradisioanal untuk menyembuhkan rasa gatal di kulit badan.

Cara menggunakannya setelah daun salam di cuci bersih kemudian tumbuk sampai halus.

Kemudian hasil tumbukan daun salam tersebut di oleskan pada bagian kulit yang teras gatal.

#5 Memakai jahe

Tumbuhan rempah rempah yang satu ini memang terkenal memiliki beragam manfaat.

Bahkan untuk menghilangkan gatal gatal juga bisa dengan cara meramu jahe ini dengan cuka, gula merah dan besar.

Caranya ambil jahe sebanyak 30 gram lalu cuci sampai bersih. Kemudian cuka sebanyak 60 cc, tambahkan gula merah dan beras putih secukupnya kemudian rebus dalam 800 cc air sampai rebusan tinggal setengah.

Minum air rebusan untuk mengurangi efek gatal yang disebabkan oleh alergi makanan maupun perubahan cuaca.