Breaking Post
Home » Health » Baby » Resep menu makanan sehat sumber protein untuk bayi usia 7-8 bulan (part-2)

Resep menu makanan sehat sumber protein untuk bayi usia 7-8 bulan (part-2)

Menginjak usia 7-8 bulan, bayi perlu diperkenalkan dengan resep menu makanan sehat yang teksturnya sudah mulai padat.

Berbagai fariasi rasa perlu di tambahkan untuk memberikan pengalaman baru kepada sang buah hati dalam memulai belajar mengonsumsi makanan keluarga.

Hal ini juga merupakan tahap berlatih dimana bayi di ajarkan bagaimana cara mengunyah serta belajar bagaimana menelan makanan yang teksturnya sudah berbentuk padat. Berikut adalah resep makanan sehat untuk bayi anda.

Bubur ikan tengiri sumber protein untuk bayi 8 bulan

Bahan:
40 g beras merah, kukus setengah matang (beras aron)
½ sdt margarin
10 g bawang bombay, cincang halus
40 g fillet daging ikan tenggiri, lumuri dengan sedikit garam dan air jeruk nipis,bilas,
potong dadu kecil
25 g wortel, potong dadu
400 ml air kaldu ayam

makanan-bayi-7-8-bulanCara membuat:
Panaskan margarin, tumis bawang bombay hingga harum. Masukkan fillet daging ikan tenggiri. Aduk-aduk hingga matang, angkat. Sisihkan. Didihkan air kaldu ayam, masukkan beras sambil diaduk hingga menjadi bubur. Masukkan tumisan ikan wortel, aduk hingga semua bahan matang. Angkat dan haluskan. Sajikan.

Info Gizi :
Ikan tenggiri meupakani ikan air laut yang bermanfaat untuk kesehatan dan perkembangan fungsi saraf serta otak anak karena mengandung asm lemak esensial yaitu Omega-3, serta sejumlah vitamin, mineral, dan asam amino. Setiap 100 g ikan tenggiri mengandung energi 92 kal, protein 20 g, lemak 0,7 g, karbohidrat 0 g, kalsium 20 mg, fosfor 200 mg, dan besi 1 mg.

Nilai gizi per porsi :
Energi : 98,7 gram
Protein : 8,2 gram
Lemak : 4,1 gram
Karbohidrat : 7,1 gram

Baca juga:

Bubur daging cincang protein pelengkap untuk bayi 7 bulan

Bahan:
40 g beras, kukus setengah matang (beras aron)
½ sdt margarin
10 g bawang bombay, cincang halus
30 g daging sapi giling
20 g wortel, potong dadu
5 g daun bayam
400 ml air kaldu daging

Cara membuat:
Panaskan margarin, tumis bawang bombay hingga harum. Masukkan daging giling, aduk hingga daging berubah warna. Tambahkan 2 sdm air kaldu, aduk hingga matang. Angkat tumisan dan sisihkan. Didihkan air kaldu, masukkan beras aron, aduk dan masak hingga jadi bubur. Masukkan tumisan daging , wortel, dan daun bayam ke dalam bubur, aduk dan masak hingga matang. Angkat dan haluskan. Sajikan.

Tips bila hendak diberikan pada bayi 9-12 bulan, tidak perlu dihaluskan dengan blender.

Info Gizi:
Daging sapi merupakan sumber zat besi dan sam amino penting yang dibutuhkan untuk membentuk saraf-saraf penyampai pesan di otak. Selain itu, kandungan proteinnya bermanfaat untuk pembentukan antibodi dalam tubuh bayi. Setiap 100 g daging sapi mengandung energi 207 kal, protein 18,8 g, lemak 14 g, karbohidrat 0g, kalsium 11 mg, fosfor 170 mg, dan besi 2,8 mg.

Nilai gizi per porsi:
Energi : 92,4 gram
Protein : 8,2 gram
Lemak : 3,1 gram
Karbohidrat : 7,7 gram

Menu makanan bayi usia 7 hingga 8 bulan di atas merupakan pengenalan pengalaman baru kepada sang buah hati dalam memulai belajar mengonsumsi makanan keluarga sehingga dapat mencapai masa pertumbuhan yang maksimal dan sehat. Selamat mencoba. Baca juga tentang mengatasi masalah bayi sering muntah.<Rika>.