Breaking Post
Home » Health » Diet » Penyebab gagal program diet

Penyebab gagal program diet

Kegagalan dari program diet seringkali didapatkan oleh pelaku diet hanya karena pelanggaran kecil yang secara sengaja telah dilakukan sebab kebiasaan pola hidup yang belum bisa berubah dari fase pola atau gaya hidup kurang sehat menuju pola hidup yang sehat. Karena itulah makna sesungguhnya program diet yang benar adalah belajar menjadikan gaya hidup yang sehat sebagai kebiasaan sehari-hari.

Penurunan berat badan yang signifikan pada masa awal menjalani pogram diet seolah-olah akan membuat para pelaku diet optimis bahwa usahanya selama ini telah menuai hasil yang tepat. Biasnya dengan setiap hari memantau timbangan berat badan yang menunjukkan berkurangnya bobot badan akan disertai dengan bertambahnya lagi semangat karena pakaian-pakaian yang lama tersimpan akan anda keluarkan untuk anda coba kembali.

gagal-diet

img by: http://www.genengnews.com/

Betapa bahagianya mendapati berat badan anda turun beberapa kilogram dan kembali langsing dan ideal. Namun tetap harus diwaspadai karena pada tahap berikutnya yang paling berat adalah menjaga atau mempertahankan bentuk badan ideal yang dengan susah payah anda dapatkan.

Bagaimana agar tidak gagal dalam program diet?

Hal utama yang harus diperhatikan untuk para pelaku diet untuk menjaga keberhasilannya adalah dengan menyukai setiap menu makanan yang memang ditujukan untuk proses diet. Buatlah kreasi makanan seenak mungkin dari bahan-bahan yang tidak merusak program diet dan tetap pada pola makan yang baik, seperti memilih bahan makanan rendah lemak, minyak goreng yang sehat, mengurangi konsumsi gula berlebih serta memilih bahan makanan sumber karbohidrat yang baik.

Alasan kedua kegagalan dari program diet adalah menyangkut dengan aktifitas atau kesibukan anda sehari-hari. Misalkan saja anda sering melakukan perjalanan jauh, dan sangat sulit untuk menerapkan jadwal atau pola makan yang sehat karena anda harus tetap memakan makanan yang anda beli pada saat di perjalanan. Ini adalah yang paling sulit dihindari. Karena tubuh tetap memerlukan asupan makanan setiap hari dan dengan terpaksa harus memakan olahan yang di jual di tempat-tempat umum saat anda di luar rumah. Sedangkan apa yang telah anda makan saat diperjalanan adalah bersumber dari bahan makanan yang merupakan pantangan dari program diet yang sedang dijalani. Sudah pasti anda akan gagal dari proses diet.

Berikutnya alasan penyebab kegagalan program diet adalah stress yang melanda. Faktor strees psikologis atau emosional akan memudahkan anda tergoda untuk kembali menikmati kebiasaan lama yaitu memilih kuliner sebagai hiburan yang meredakan stress. Dengan demikian ada beberapa penelitian yang menyarankan bahwa pada saat stress ada baiknya menjauh dari hal-hal yang membuat anda tertarik untuk memilih hiburan kuliner dengan mengalihkan kesibukan lain yang lebih bermanfaat untuk suksesnya program diet.