Breaking Post
Home » Health » Baby » Resep makanan sehat untuk bayi berusia 7 sampai 8 bulan

Resep makanan sehat untuk bayi berusia 7 sampai 8 bulan

Membuat resep menu makan sehat bayi usia 7-8 bulan adalah sebagai makanan tambahan selain ASI yang harus diberikan secara cukup dalam hal kualitas dan juga kuantitasnya.

Karena hal ini sangat penting dalam mendukung proses pertumbuhan fisik dan juga perkembangan kecerdasan anak yang bertambah pesat pada periode-periode tersebut dan seterusnya. Berikut ini adalah menu resep makanan bayi 8 bulan yang patut anda coba.

Bubur susu kedelai makanan sehat untuk bayi 8 bulan

Bahan:
50 g daging sapi giling
20 g labu kuning, potong dadu
20 g brokoli, potong perkuntum
150 ml susu kedelai
50 g tepung beras, larutkan dengan 75 ml air

Resep makanan bayi 8 bulanCara membuat:
Kukus daging giling, labu kuning, dan brokoli hingga matang. Angkat dan sisihkan. Didihkan susu kedelai, masukkan tepung beras yang dilarutkan dengan air. Aduk sampai menjadi bubur, lalu kecilkan apinya, masukkan daging dan sayuran yang dikukus. Masak sambil diaduk hingga matang. Angkat dan haluskan. Sajikan.

Info Gizi:
Susu kedelai merupakan sumber protein tinggi untuk perkembangan otak dan bahan alternatif jika bayi alergi terhadap susu sapi. Namun jika bayi alergi keduanya , hentikan pemberian jika terlihat reaksi alergi. Setiap 100 g susu kedelai mengandung energi 41 kal, protein 3,5 g, lemak 2,5 g, karbohidrat 5 g, kalsium 50 mg, fosfor 45 mg, dan besi 0,7 mg.

Nilai gizi per porsi:
Energi : 106,1 gram
Protein : 10,2 gram
Lemak : 3,3 gram
Karbohidrat : 8,9 gram

Baca juga:

Bubur ikan tuna sebagai asupan protein bayi umur 7 sampai 8 bulan

Bahan:
40 g beras, kukus setengah matang (beras aron)
40 ml air kaldu daging
10 g daun bayam
40 g fillet ikan tuna, lumuri dengan sedikit garam dan air jeruk nipis, bilas, potong dadu kecil

Cara membuat:
Didihkan kaldu, kemudian masukkan beras aron dan fillet ikan tuna. Aduk dan masak sampai menjadi bubur. Masukkan bayam, aduk dan masak hingga matang. Angkat, haluskan bubur dengan blender lalu saring. Sajikan.

Info Gizi:
Ikan tuna mengandung protein yang mudah dicerna oleh bayi. Setiap 100 g ikan tuna mengandung energi 28 kal, protein 29 g, lemak 0,3 g, karbohidrat 5,2 g, kalsium 47,8 mg, fosfor 65,7 mg, dan besi 0,8 mg.

Nilai gizi per porsi:
Energi : 94,3 gram
Protein : 8,3 gram
Lemak : 3,6 gram
Karbohidrat : 7,8 gram

Selamat mencoba 2 resep makanan bayi usia 8 bulan di atas untuk memberikan asupan gizi kepada buah hati anda agar selalu terpenuhi asupan nutrisi yang diperlukan pada masa tumbuh kembangnya dengan sempurna. Simak juga tentang membuat makanan untuk bayi umur 9 sampai 12 bulan. <Rika>.