Breaking Post
Home » Workshop » Suara Otomatis Pompa Air Yang Bunyi Terus

Suara Otomatis Pompa Air Yang Bunyi Terus

Memasang-otomatis-pompa-airCara mengatasi otomatis pompa air yang selalu sering berbunyi bahkan hanya dalam rentang waktu singkat sebenarnya sangat mudah karena sumber permasalahan ini sudah jelas karena adanya kebocoran rangkaian pipa dan komponen otomatis itu sendiri yang sudah lemah.

Untuk dapat mengetahui penyebab otomatis pompa yang bunyi terus menerus hendaknya di analisa perbagian supaya anda tidak salah langkah yang justru dapat menimbulkan permasalahan baru selain pembengkakan biaya perbaikan nantinya.

Memperbaiki otomatis pompa air

Berikut ini adalah beberapa tahapan yang dapat anda lakukan untuk pemeriksaan terhadap sumber masalah timbulnya kerusakan pada komponen otomatis pompa type pressure switch.

Analisa kebocoran pipa hisap

Pertama adalah pemeriksaan pada bagian pipa hisap meliputi sambungan hingga pemasangan foot valve atau tusen klep yang berada pada ujung paling bawah.

Adanya kebocoran sedikit saja dapat memicu tekanan air menurun sehingga pressure switch (saklar tekanan) akan lebih cepat meyalakan mesin pompa. Langkah perbaikannya adalah dengan merangkai ulang hingga dapat dipastikan tidak ada bocor dengan melihat apakah ketika pompa di pancing, maka air dalam impeller tidak turun atau berkuarang.

Komponen Otomatis

Jika pipa hisap sudah yakin aman, sebelum melanjutkan pemeriksaan pada jalur insatalasi akan lebih baik memeriksa terlebih dahulu komponen otomatisnya sendiri.

Sediakan stop kran untuk menutup lubang output pompa. Jika mesin dihidupkan kemudian kran ditutup hingga otomatis bisa berfungsi mematikan mesin, begitu pula sebaliknya ketika kran di buka otomatis langsung menghidupkan pompa artinya pressure switch masih normal dan tidak perlu di stel ataupun di ganti.

Pemasangan kran serta saluran pipa kurang tepat

Begitu juga dengan kejadian seperti kran bocor, atau tetesan pada bagian lainnya yang akan membuat otomatis pompa sering berbunyi.

Akan lebih sulit melakukan pemeriksaan jika kebocoran terjadi pada bagian pipa instalasi yang berada di dalam atau tertanam dinding maupun tanah. Perlu biaya besar serta kesabaran extra agar dapat menemukan kebocoran pipa model tertanam. Namun jika diperhitungkan untung ruginya mungkin membuat jalur instalasi baru akan lebih efisien dari segi biaya dan waktu pengerjaan. Simak juga tentang cara memperbaiki pompa air tidak menghisap.

Solusi paling aman dari resiko terganggu suara bunyi otomatis pompa adalah dengan memakai switch model radar. Komponen ini dapat dipasang jika sudah menggunakan profil tank sebagai tandon air dan pompa hanya bertugas menyuplai tandon dengan rentang waktu yang sudah diatur. Namun kelemahan model radar tidak dapat mendeteksi terjadinya masalah kebocoran pada pipa dan instalasinya.