Breaking Post
Home » Fun » Motivasi » 5 Tanda Anak Ikhlas Berbakti Kepada Orang Tua

5 Tanda Anak Ikhlas Berbakti Kepada Orang Tua

Telah diwajibkan bagi kita semua untuk berbakti terhadap orang tua sebagimana diperintahkan oleh Alloh yang Maha Bijaksana. Selain merupakan salah satu amal yang sholih dan mulia, bahkan juga disebutkan berkali kali dalam Al Quran tentang keutamaan untuk berbakti kepada orang tua. Dalam salah satu firman Alloh Ta’ala yang berbunyi : “Sembahlah Alloh dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apapun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapak.” (An Nisa:36).

Sangat perlu diketahui bagi kita semua apakah arti penting dan keutamaan berbakti kepada orang tua. Dari sini kita bisa mengingat kembali betapa sering kita membuat mereka terluka dengan perbuatan yang secara sengaja atupun tidak sengaja telah menyinggung perasaan kedua orang tua. Dan sudahkah kita sanggup untuk menggantikan apa yang pernah mereka korbankan sejak kita dilahirkan hingga kita mampu berdiri sendiri. Tentu saja untuk semua pengorbanan itu kita tidak akan pernah sanggup untuk membayarnya hanya dengan hitungan materi.

Tanda-berbakti-pada-orang-tuaBaik orang tua kandung ataupun orang tua angkat dimana mereka adalah yang merawat dan membesarkan, mendidik, serta melindungi kita sejak kita masih seorang bayi yang begitu lemah hingga kita menjadi seseorang yang sudah dapat hidup mandiri, janganlah kita semena-mena dan tidak bisa menjadi anak yang sanggup untuk berbakti dengan ikhlas kepada orang tua.

Sikap berbakti tidak hanya cukup dengan ungkapan kata kata saja. Banyak sekali perbuatan kita yang akan menjadi tolak ukur sampai seberapa kuat kita menjalani kehidupan sehari hari, dengan tetap teguh memegang arti kasih sayang terhadap orang tua yang nantinya akan mencerminkan rasa berbakti itu sendiri.

Jika saat ini kita telah menjadi seorang dewasa yang mampu menghidupi diri sendiri tanpa bantuan orang tua lagi, mungkin dari sekian banyak orang, ada yang merasa dibebani dengan adanya orang tua yang sudah memasuki usia lanjut apalagi dengan keadaan yang kurang begitu sehat, perlu perhatian, dan sangat rentan dengan segala keluhan.

Di saat seperti inilah seorang anak dihadapkan dengan ujian yang harus dijalani dengan berbagai pertimbangan yang terkadang sangat sulit untuk diputuskan. Bukan soal biaya perawatan saja yang akan membayangi hari hari kita, namun juga waktu yang harus berbagi antara jadwal aktifitas kerja, waktu untuk keluarga sendiri bagi yang sudah memiliki, serta lelahnya merawat orang tua yang sudah lemah dan tentu saja selalu perlu bantuan bahkan hanya untuk makan, mandi dan masih banyak lagi.

Sayangilah kedua orang tua sebagaimana mereka menyayangi kita sewaktu kita masih kecil. Sepenggal kalimat tersebut tentunya bisa menjadikan sebuah motifasi bahwa seorang anak yang berbakti terhadap orang tua akan selalu mengingat jasa jasa orang tua di masa lalu, dan bagaimanapun keadaan kita sekarang, wajib untuk membalas semua kebaikan itu. Dengan cara apa? Berikut adalah tanda tanda seorang anak yang berbakti dengan ikhlas terhadap orang tua.

  • Seorang anak yang bisa dikatakan ikhlas berbakti terhadap orang tua akan selalu bersikap sopan dan santun serta rendah hati dihadapan mereka. Apapun yang orang tua katakan tidak akan pernah dia sela dengan nada yang tinggi dan menyakitkan.
  • Saat seorang anak sibuk dengan aktifitasnya dan seberat apapun tanggung jawab terhadap pekerjaan, ketika mendapatkan kabar bahwa orang tuanya mendapat kesulitan, pasti dia akan segera bergegas untuk bertemu orang tuanya meskipun dengan segala resiko akan kehilangan pekerjaan.
  • Orang tua selalu ingin melihat anaknya bahagia, namun seorang anak yang berbakti kepada orang tua lebih ingin melihat kedua orang tuanya yang bahagia meskipun dirinya sendiri penuh dengan penderitaan. Sehingga sepahit apapun kenyataan yang dia hadapi, dia sangat tidak ingin orang tuanya mengetahui apalagi membebaninya.
  • Menjaga orang tua yang dalam kondisi sakit memang penuh dengan pengorbanan, disinilah keikhlasan seorang anak di uji pada tingkat paling berat. Selain mengorbankan waktu dan tenaga untuk merawatnya, tentu saja biaya pengobatan akan menjadi tanggung jawab seorang anak yang berbakti walaupun sesulit apa upaya dan usaha yang akan dilakukan.
  • Rasa bakti dan ikhlas seorang anak terhadap orang tua akan dengan penuh kasih sayang dan bangga mengakui apapun keadaan orang tua dihadapan orang lain tanpa menutup nutupi atau malu akan kondisi orang tua yang sebenarnya.

Demikian 5 tanda anak ikhlas berbakti kepada orang tua yang bisa terlihat dalam kehidupan nyata. Tulisan ini admin buat karena ada sebuah kisah realita kehidupan yang sangat menyentuh dan patut untuk dijadikan contoh.

Kisah tersebut adalah apa yang dialami oleh sahabat terdekat admin sendiri, dimana dia adalah seorang anak yang tengah mendapat ujian dari Yang Maha Kuasa untuk merawat kedua orang tuanya yang sudah renta dengan keadaan yang lumpuh, bahkan dia dengan sabar dan ikhlas melakukan apapun untuk menyayangi orang tuanya sebagaimana dia telah mendapatkan kasih sayang itu semasa dia masih bayi.