Breaking Post
Home » Oto » Tips Jual Beli Mobil dan Motor Bekas Murah

Tips Jual Beli Mobil dan Motor Bekas Murah

Semaraknya bisnis Jual beli mobil atau motor bekas murah telah menjadi pemandangan yang biasa baik dikota maupun di pelosok kampung sejak puluhan tahun lampau bahkan hingga masa sekarang ini. Bisa dilihat dari yang berskala keci-kecilan atau perorangan yang biasanya dikenal dengan istilah makelar mobil dan motor bekas, sampai yang dikelola secara professional dengan kantor dan pelayanan yang sangat modern. Bisa dikatakan memang bisnis ini sangat potensial karena keuntungan dari jual beli mobil dan motor bekas murah mampu memberikan keuntungan yang bisa mencapai angka hingga 30% dari harga awal.

Sangat perlu diperhatikan bahwa dalam menjalankan bisnis jual beli mobil dan motor bekas dengan harga murah merupakan sebuah perkara yang tidak mudah, karena pada saat ini tingkat persaingan pasar penjualan mobil dan motor baru yang juga semakin di permudah dengan adanya fasilitas penawaran dengan harga kredit menggunakan DP ringan serta cicilan pembayaran yang murah.

kredit-mobil-bekasData harga mobil dan motor baru maupun bekas hendaknya selalu up to date dan wajib dimiliki bagi pelaku bisnis ini. Harga pasaran dari segala merek maupun spesifikasi merupakan informasi yang sangat perlu untuk dijadikan rujukan informasi menghadapi calon konsumen agar bisa lebih meyakinkan. Tentunya semua data ini hanya bisa didapat dengan melakukan survey pasar mengenai produk yang tengan popular serta target pasar yang akan di capai.

Terlepas dari semua tentang sisi bisnis jual beli motor bekas denga harga murah, ada beberapa tips yang perlu di ketahui untuk semua pelaku baik pihak penjual maupun pembeli dalam mencermati atau pada saat mendapati unit kendaraan baik mobil maupun motor yang sudah dalam kondisi bekas pakai.

Perhatikan kondisi fisik Mobil atau Motor bekas. Seseorang perlu memahami dengan detail mengenai unit kendaraan dari segi teknis. Untuk ini diperlukan pengalaman dalam bidang otomotif (permesinan) guna mampu memahami tentang karakter suara mesin, kualitas spare-part yang ada, elektrikal serta chasis dimana bisa mengetahui mana yang kondisi standart, mana juga yang sudah pernah mengalami penggantian komponen orisinil atau emitasi.

Kalkulasi dan perhitungan biaya bengkel. Membeli mobil dan motor dalam kondisi bekas terkadang memiliki resiko adanya biaya perbaikan dalam waktu dekat. Misal saja saat membeli kendaraan tersebut kondisi ban sudah menipis dan dalam waktu dekat harus segera diganti demi keamanan berkendara. Tentunya biaya seperti ini tidak bisa diremehkan karena harus dihitung juga pada saat menentukan membeli mobil atau motor bekas, supaya jatuhnya harga yang di sepakati tidak membengkak diluar harga pasaran hanya karena ada biaya perbaikan yang tidak terduga dikemudian hari.

Kelengkapan dokumen yang sah. Mengabaikan hal yang satu ini bisa berakibat fatal karena akan menjadi serangkaian permasalahan bahkan ada juga yang sampai berurusan dengan hukum. Menjual maupun membeli mobil motor bekas tetap wajib diperhatikan mengenai ke absahan dokumen yang ada. Selalu periksa tentang kesesuaian nomor polisi, nomor mesin, nomor rangka kendaraan dengan dokumen yang berkaitan. Kejelian dalam mengenali keaslian dokumen tentunya juga harus telah dikuasai bagi pelaku jual beli kendaraan bekas. Bahkan jika masih memungkinkan dokumen tentang data jadwal servis maupun buku pedoman pemilik kendaraan juga lebih baik di sertakan dalam proses jual beli mobil motor bekas.