Breaking Post
Home » Workshop » Jenis Trafo Las Listrik

Jenis Trafo Las Listrik

trafo-las-listrikTrafo atau Mesin Las Listrik pada dasarnya adalah sebuah komponen elektronik yang terdiri dari kumparan kawat email seperti pada jenis tarfo pada umumnya meskipun berbeda secara fungsinya. Untuk jenis trafo las listrik ialah sebuah transformator yang bekerja sebagai pengubah tegangan dari sumber tegangan tinggi menjadi tegangan menengah hingga ke tegangan rendah, yang di atur oleh sebuah potensiometer sebagai penentu tegangan yang dipilih, agar menghasilkan output sesuai dengan kebutuhan daya untuk melakukan  proses pengelasan.

Mesin trafo las listrik dapat mengalirkan arus listrik cukup besar tetapi dengan tegangan yang relatif aman (kurang dari 45 volt). Energi listrik ini diubah menjadi energi panas dalam busur dan suhu yang dihassilkan dapat mencapai hingga 5500 °C.

Prinsip kerja las listrik ialah suatu proses penyambungan logam dengan menggunakan tenaga listrik sebagai sumber panasnya. Jadi sumber panas pada las listrik ditimbulkan oleh busur api arus listrik antara elektroda las dan benda kerja tersebut. Benda kerja ini merupakan bagian dari rangkaian aliran arus listrik las yang biasanya dikenal dengan istilah massa. Elektroda akan mencair bersama-sama dengan benda kerja akibat dari busur api arus listrik ketika telah di aliri tegangan. Gerakan busur api diatur sedemikian rupa, sehingga benda kerja dan elektroda yang mencair secara bersamaan kemudian beberapa saat setelah dingin dapat menjadi satu bagian yang sukar untuk dipisahkan. Jenis sambungan dengan las listrik seperti ini merupakan type sambungan tetap.

  • Jenis mesin trafo las listrik yang ada dipasaran pada umumnya dibedakan menurut jenis arus yang dikeluarkannya terdapat 3 macam yaitu :
    a. Trafo Las Listrik dengan arus searah (DC).
    b. Trafo Las Listrik dengan arus bolak balik (AC)
    c. Trafo Las Listrik dengan kombinasi arus yaitu, searah (DC) dan bolak balik
    (AC)

Trafo Las Listrik arus searah (DC) dilengkapi dengan komponen yang merubah sifat arus bolak-balik (AC) menjadi arus searah (DC) yaitu rectifier, karena arus listrik yang dipakai disini bukan berasal dari batery, melainkan dari generator listrik.

Trafo Las Listrik arus bolak balik (AC) tidak perlu dilengkapi dengan rectifier, tetapi cukup dengan transformator. Untuk Trafo Las Listrik kombinasi AC dan DC dilengkapi dengan transformator dan rectifier, dimana rectifier ini mempunyai fungsi untuk meratakan arus. Saat ini banyak digunakan mesin trafo las listrik DC karena jenis ini mempunyai beberapa kelebihan dari pada mesin las AC, seperti misalnya busur stabil, dan polaritas yang dapat diatur. Baca juga: Informasi Harga Mesin Trafo Las Listrik