Breaking Post
Home » Workshop » Tips mencari tukang sumur bor yang baik dan professional

Tips mencari tukang sumur bor yang baik dan professional

Tukang-sumur-borApakah anda sedang merencanakan ingin membuat sumur bor untuk kebutuhan suplai air bersih di rumah atau di kantor anda? Sudahkah anda memiliki tukang atau jasa pelayanan untuk pekerjaan bor sumur yang bisa memberikan hasil kerja yang nantinya dapat memuaskan?

Untuk memenuhi kebutuhan suplai air bersih dalam kehidupan sehari hari, bagi yang hidup di daerah yang sudah terjangkau oleh fasilitas layanan air bersih milik pemerintah tentu tidak akan terlalu pusing. Beda lagi dengan yang harus memiliki sumber air sendiri dengan cara membuat sumur ataupun mencari aliran sumber air dari gunung maupun sungai. Selain masih beresiko akan kualitas air yang diperolehnya, terkadang juga banyak tukang sumur yang berlaku tidak jujur pada konsumennya.

Nah berikut ini adalah tips bagi anda yang hendak menggunakan jasa tukang sumur bor agar mengetahui mereka bekerja dengan profesional apa tidak.

Bagi anda yang masih awam dengan pekerjaan pengeboran sumur tentunya tidak akan pernah tahu alat apa saja yang nantinnya akan mereka gunakan untuk bekerja. Biasanya, semua tukang sumur bor sudah mengetahui untuk lokasi lokasi tertentu mengenai kedalaman sumur yang bisa memberikan kapasitas air yang cukup.

Tukang sumur bor sering membuat tarif berbeda beda sesuai dengan kedalaman yang akan dikerjakan. Jadi yang paling perlu anda waspadai adalah modus tukang sumur bor yang mencoba mnegelabuhi konsumen dengan mengada ada tentang kedalaman yang sudah diperolehnya.

Misalkan saja anda meminta untuk pekerjaan sumur bor dengan kedalaman 20 meter, maka bisa saja mereka yang curang hanya akan membuat sumur dengan kedalaman sekitar 17 atau 18 meter yang penting sudah memperoleh sumber air. Dengan demikian sudah jelas anda akan rugi jika kontrak kerja anda per meter sudah di kisaran harga 100 hingga 200 ribu.

Bisa saja anda meminta untuk mengukurnya ketika pekerjaan sudah usai. Namun biasanya tukang sumur bor hanya bisa memberikan keterangan dari batangan pipa alat bor yang mereka gunakan. Pada umumnya potongan alat bor menggunakan pipa besi berukuran 2 sampai 3 meter untuk tiap potongan.

Akan tetapi tidak jarang pula mereka sudah mengakali hal ini dengan potongan yang sebenarnya tidak tepat bahkan jauh dari ukuran yang benar. Bayangkan saja jika per batang yang di katakana 2 meter tapi kenyataannya hanya sekitar 180 cm, maka ketika mereka menghabiskan 10 batang untuk kontrak 20 meter, maka sebenarnya hasil kerja mereka hanyalah 18 meter.

Dengan hal ini cara paling tepat untuk memastikan ukuran yang anda minta adalah dengan menyediakan pipa untuk kebutuhan hisap mesin pompa air sekitar 5 batang jika menggunakan pipa PVC. Dengan panjang standart pipa PVC per batang adalah 4 meter, maka ketika di pasang ternyata masih banyak tersisa, sudah jelas sumur bor yang anda pesan adalah tidak sesuai dengan kontrak kerja yang seharusnya 20 meter.