Breaking Post
Home » Fun » Motivasi » 10 Universitas Terbaik di Indonesia Tahun 2015

10 Universitas Terbaik di Indonesia Tahun 2015

Informasi tentang universitas terbaik di Indonesia akan membantu anda yang tengah merencanakan pendidikan tingkat tinggi. Penilaian yang menjadi acuan adalah berdasarkan data yang diperoleh dari webometrics yaitu situs yang khusus memberi ranking untuk universitas-universitas di dunia. Indikator yang dipakai untuk mengukur ada empat, yaitu Impact (20%), presence (50%), excellence (15%) dan opennes (15%)terhadap masing-masing situs. Data berikut ini adalah yang dikeluarkan oleh Webometrics pada bulan Januari 2015.
Universitas-terbaik-indonesia

  1. Universitas Gadjah Mada
  2. Universitas Indonesia
  3. Institut Teknologi Bandung
  4. Bogor Agricultural University
  5. Universitas Diponegoro
  6. Brawijaya University
  7. Universitas Padjajara
  8. Universitas Sebelas Maret
  9. Airlangga University
  10. Gunadarma University

Ingin mendaftar di perguruan tinggi atau universitas terbaik di Indonesia ? Memang perlu sebuah kerja keras dan belajar yang efektif untuk dapat memasuki salah satu kampus terbaik di tanah air tersebut karena ketatnya kompetisi yang semakin luar biasa sekarang ini.

Mengulas tentang indicator yang digunakan oleh webometrics untuk memberikan ranking terhadap universitas terbaik yang ada di dunia adalah berdasarkan 4 faktor perankingan yaitu:

  • Impact (Dampak). Di peroleh data dari berapa banyaknya jumlah halaman web yang mencantumkan URL link perguruan tinggi.
  • Presence (Keberadaan). Yaitu jumlah halaman publikasi elektronik.
  • Excellence (Keunggulan). Mencakup jumlah publikasi jurnal secara international dan harus memenuhi criteria bermutu tinggi.
  • Opennes (Keterbukaan). Merupakan relevansi sumber elektronik yang di publikasikan pada web terkait terhadap kegiatan akademik serta perguruan tinggi terkait.

Data di atas adalah ranking universitas khusus penilaian di dalam negeri, jika dilakukan komparasi (perbandingan) terhadap kualitas ranking perguruan tinggi pada tingkat Asia ataupun dunia, negara kita memang masih terhitung jauh tertinggal dalam persaingan Internasional.

Akan tetapi masih ada beberapa kelebihan yang mampu mengangkat nama Indonesia pada kancah dunia dari segi akademik dan teknologi. Sebagai contoh adalah, tidak sedikit pelajar / mahasiswa Indonesia yang memperoleh juara dalam bidang sains, perlombaan merakit robot, juga perlombaan matematika bahkan pada tingkat internasional.