Breaking Post
Home » Health » Diet » Waspadai gagal diet karena stress

Waspadai gagal diet karena stress

Stress-penyebab-gagal-dietKebanyakan dari para pelaku diet yang berusaha agar tidak gagal dalam program diet nya berusaha dengan kuat menghindari berbagai macam hal yang bisa mengakibatkan stress. Kenapa stress sangat beresiko untuk pelaku diet? Karena biasanya pada kondisi stress psikologis ataupun emosional seseorang cenderung mencari hiburan yang berhujung kembali kepada kebiasaan lama misalnya mencari hiburan kuliner.

Berikut ini tips yang bisa diterapkan untuk mempertahankan keberhasilan proses diet agar tidak menemui kegagalan pada saat kondisi stress melanda.

Jauhkan bahan makanan yang tidak sesuai dengan anjuran diet. Misalnya jangan pernah menyimpan sekotak coklat di dalam lemari es anda. Meskipun coklat sudah terkenal bisa berkhasiat untuk menenangkan pikiran, namun jangan sampai hal ini jadi penghambat proses diet yang anda jalani hanya karena secuil coklat namun berdampak diet anda gagal.

Oksigen yang segar juga dapat meredakan stress pada tubuh. Oleh karena itu hiruplah udara yang segar sedalam-dalamnya karena cara ini mampu memutus respon tubuh terhadap stress. Meredakan stress dengan menghirup udara segar akan cenderung lebih baik dari pada melahap sepiring kentang goreng. Cara melakukan pernapasan dalam adalah sebagai berikut:

  • ¬†Berbaring terlentang letakkan salah satu tangan di bagian bawah pusar.
  • Tarik napas yang dalam sampai kedalam perut hingga anda merasakan tangan anda terangkat.
  • Hembuskan napas hingga merasakan posisi tangan anda kembali seperti semula.

Mengalihkan perhatian terhadap keinginan melahap makanan pada kondisi stress juga merupakan kiat menjaga dari kegagalan proses diet. Untuk itu mencari kesibukan adalah hal yang penting untuk dilakukan. Berbuatlah sesuatu untuk menghindari dan melupakan keinginan makan yang menggebu, misalnya dengan membaca buku, berkebun, ataupun bermain game.

Selanjutnya yang juga bisa dilakukan ketika dilanda stress adalah dengan rileks berendam menggunakan air hangat selama 20 menit.

Bagian yang terpenting untuk menghindari gagal dari proses diet yang dijalani adalah dengan membiasakan menaruh makanan sehat yang mudah dijangkau disekitar anda. Dengan demikian ketika ada keinginan untuk melahap makanan, hanyalah ada menu makanan yang memang dianjurkan untuk diet yang bisa dimakan.