Makanan Apa Saja yang Banyak Mengandung Kalium?

Kebutuhan kalium tubuh kita setiap harinya bisa mencapai 4700 mg. Kebutuhan kalium Anda mungkin lebih tinggi atau lebih rendah dari itu, tergantung aktivitas apa yang Anda lakukan setiap harinya.

Seorang pasien yang sedang menjalani rehabilitasi atau perawatan tertentu atau atlet dan binaragawan bisa memerlukan kalium lebih tinggi dari kebutuhan minimal kalium pada orang dewasa.

Apa sih fungsi kalium untuk tubuh sebenarnya? Seseorang yang kekurangan kalium akan mengakibatkan otot kram lebih mudah dan pusing kepala.

Makanan yang Banyak Mengandung Kalium

Berikut ini adalah beberapa makanan yang mengandung banyak kalium yang sangat bermanfaat untuk tubuh:

#1 Pisang

Setiap biji pisang mengandung setidaknya 422 mg kalium. Selain kaya akan kalium, pisang juga mengandung banyak zat bermanfaat bagi tubuh lainnya seperti vitamin.

Buah pisang juga terkenal sebagai buah untuk diet. Sebab, pisang dapat memperlancar buang air besar sehingga pencernaan tubuh akan berjalan dengan normal, dan berat badan lebih terkendali.

Diet dengan metode buah pisang sudah banyak dilakukan oleh para artis dan mereka telah membuktikan sendiri kemanjurannya. Apakah Anda berminat juga?

#2 Alpukat

Buah ini sering disajikan dalam bentuk jus atau bubur buah. Selain memiliki rasa yang lezat, alpukat juga kaya akan manfaat. Salah satunya kandungan kalium.

Kalium pada buah alpukat mencapai 487 mg. Alpukat juga mengandung lemak baik. Jadi, daripada mengkonsumsi gorengan yang mengandung banyak lemak jahat, lebih baik Anda menggantinya dengan alpukat yang kaya akan kandungan lemak baik.

#3 Ubi Jalar

Untuk kategori orang modern, mengkonsumsi ubi jalar lawaran seperti orang Jawa pasti bukan menjadi hidangan yang lezat bukan? Namun, siapa sangka ternyata ubi jalar justru mengandung kalium yang tinggi. Yaitu sekitar 542 mg setiap buah dengan ukuran sedang.

Baca juga:  Redakan batuk berlendir dan radang tenggorokan dengan jus nanas

Sekarang sudah banyak olahan dari ubi jalar, sehingga Anda sudah bisa menikmati ubi jalar sebagai hidangan yang lezat.

#4 Yoghurt

Selain kalium, yoghurt juga mengandung potassium yang tinggi. Untuk satu porsi yoghurt sebesar 8 ons, terkandung 579 mg kalium. Ini merupakan kandungan kalium tertinggi dari makanan lainnya.

Yoghurt juga merupakan makanan yang baik untuk kesehatan kulit dan wajah. Selain itu, yoghurt juga adalah makanan yang direkomendasikan sebagai camilan, bahkan untuk malam hari. Jadi, silakan mencobanya.