Breaking Post
Home » Fun » Tips » Bagaimana microwave bisa menyebabkan kebakaran

Bagaimana microwave bisa menyebabkan kebakaran

Membersihkan-microwavePada dasarnya sebuah mesin microwave memiliki cara kerja yang hampir serupa dengan oven biasa. Hanya saja bedanya adalah jika oven biasa menggunakan api sebagai sumber panasnya sedangkan mesin microwave menggunakan gelombang mikro sebagai penghasil panas.

Pada jaman sekarang ini dimana kebutuhan orang yang selalu ingin praktis membuat peralatan rumah tangga seperti microwave semakin banyak digemari. Ditambah lagi dengan berbagai informasi tentang cara memasak serta beraneka ragam jenis masakan yang harus diproses dengan cara pemanggangan, maka kebutuhan akan mesin pemanggang yang sudah banyak sekali mulai dari yang berharga murah hingga yang termahal sekalipun telah banyak tersedia di toko toko elektronik di kota anda.

Perlu diketahui bahwa penggunaan alat alat modern juga tak luput dari bahaya yang bisa saja mengancam setiap saat. Seperti halnya sebuah mesin microwave yang pada prinsipnya adalah menghasilkan panas, maka bahaya kebakaran merupakan sesuatu yang paling patut untuk diwaspadai.

Apa yang dapat menyebabkan bencana kebakaran yang disebabkan oleh mesin microwave sangat beragam mulai dari konsleting hingga masalah kebersihan mesin itu sendiri. Kali ini www.trafoz.com akan menguraikan penyebab kebakaran karena anda lalai untuk menjaga kebersihan mesin pemanas anda.

Jika bagian dalam microwave sering terkena cipratan makanan atau minuman, maka segeralah untuk membersihkannya dengan menyekakan kain basah. Sisa makanan yang tertinggal biasanya akan mengerak sehingga akan menyerap energy saat microwave di nyalakan. Hal inilah yang mengakibatkan mesin microwave menjadi kurang maksimum sehingga akan bekerja semakin berat untuk mencapai panas sesuai kebutuhan. Pada akhirnya komponen elektronik yang bekerja melebihi kemampuan akan cepat rusak bahkan kejadian paling fatal bisa membakar bagian lainnya.

Cara membersihkan kerak pada microwave yang paling mudah adalah dengan meletakkan semangkuk air panas beserta irisan lemon. Kemudian panaskan dalam beberapa menit supaya uap yang dihasilkan akan melunakkan kerak yang menempel sehingga lebih mudah untuk dibersihkan. Selain itu uap lemon juga akan menjadikan aroma mesin pemanas anda lebih segar.

Tips paling mudah untuk menjaga kebersihan microwave adalah rajin membersihkan tanpa menundanya ketika selesai digunakan. Cukup di seka menggunakan kain lembut untuk mengangkat cipratan makanan ataupun lemak sebelum membandel menjadi kerak yang bisa merusak. Satu hal yang tak kalah penting adalah pastikan pintu microwave anda bisa tertutup dengan sempurna supaya tidak ada energy yang terbuang maupun masuknya kotoran lain.