Breaking Post
Home » Health » Baby » Manfaat dan Tujuan Pemberian MP-ASI Pada Bayi

Manfaat dan Tujuan Pemberian MP-ASI Pada Bayi

Makanan pendamping asi (MP-ASI) mempunyai manfaat dalam masa peralihan dari ASI ke menu makanan keluarga adalah bertujuan untuk memenuhi kebutuhan asupan gizi kepada anak juga berguna untuk menyesuaikan alat cerna ketika usia anak semakin bertambah dewasa.

Proses pengenalan makanan pendamping asi selain untuk tujuan pemenuhan asupan gizi juga merupakan tahap berlatih dimana bayi di ajarkan bagaimana cara mengunyah serta belajar bagaimana menelan makanan yang teksturnya sudah berbentuk padat.

Tahap ini juga mendorong bayi untuk membiasakan dan menanamkan selera terhadap menu makanan yang mulai di kenalnya.

Manfaat MP–ASI sebagai sumber nutrisi pelengkap untuk bayi

pendamping-asi

img by: http://www.newworld.co.nz/

Ketika usia bayi semakin bertambah, tentunya hal ini juga berdampak kebutuhan asupan gizi yang semakin meningkat, sementara ASI yang di hasilkan oleh seorang ibu tidak akan bisa memenuhi kebutuhan asupan gizi yang semakin meningkat. Oleh karena itu manfaat dari pemberian MP-ASI sangat berperan penting pada tahap ini.        

MP-ASI merupakan makanan yang diberikan ke bayi selain ASI sebagai pendamping ASI juga berguna untuk menunjang pertumbuhan pada bayi. Makanan penddamping ASI adalah makanan yang diberikan kepada bayi guna memenuhi kebutuhan bayi atau anak dalam melengkapi ASI dan biasanya diberikan pada bayi berusia 6-12 bulan atau lebih.

Pertumbuhan dan perkembangan anak yang normal dapat diketahui dengan cara melihat kondisi pertambahan berat badannya, mosalkan seorang anak tidak mengalami peningkatan dalam pertumbuhannya itu berarti menunjukkan bahwa kebutuhan energi bayi ada  yang tidak terpenuhi.

Tujuan Pemberian ASI

Adalah sebagai berikut :

  • Melengkapi zat gizi yang kurang karena kebutuhan zat gizi yang semakin meningkat sejalan dengan pertambahan umur anak.
  • Mengembangkan kemampuan bayi untuk menerima bernacam-macam makanan dengan berbagai bentuk, tekstur, dan rasa.
  • Mengembangkan kemampuan bayi untuk mengunyah dan menelan.
  • Mencoba adaptasi terhadap makanan yang mengandung kadar energi tinggi.

Manfaat Membuat MP-ASI sendiri

                        Membuat MP-ASI sendiri untuk si kecil banyak manfaatnya, yaitu :

  1. Lebih hemat ketimbang membeli produk bubur susu kemasan di pasaran.
  2. Dapat dipastikan kandungan apa yang di konsumsi si kecil, tanpa adanya tambahan gula atau garam.
  3. Dapat menggunakan bahan-bahan sederhana tapi menyehatkan. Misalnya, membuat bubur susu dari kacang hijau. Atau membuat camilan dari bahan jangung. Simak juga tentang menu makanan sehat untuk bayi usia 7 sampai 8 bulan.