Breaking Post
Home » OTOMOTIF » Tips Merawat Cat Motor Tetap Kinclong

Tips Merawat Cat Motor Tetap Kinclong

Merawat-cat-body-motorIngin tahu cara merawat cat body motor tetap kinclong sebenarnya bukan perkara sulit jika anda dapat dengan konsisten untuk melakukan tips yang akan di ulas pada artikel ini secara benar.

Sebelumnya perlu anda ketahui beberapa hal yang dapat membahayakan kondisi atau merusak cat motor anda dengan cepat.

Hati hati saat anda menggunakan alat penyemprot (pelumas) sejenis WD40. Cipratan sedikit saja yang langsung mengenai permukaan cat akan dengan cepat meresap kedalam pori pori bahkan mampu menembus lapisan gloss (vernis) sehingga akan menjadi permanent.

Jika sudah terjadi, anda tidak akan dapat lagi memulihkan keadaan cat meskipun dengan cara mengoles kompon ataupun zat pemoles lainnya.

Benda berbahaya lainnya seperti air aki, dan pupuk pertanian sejenis urea, ZA dapat membuat cat motor anda rusak dalam waktu singkat. Untuk ke 3 jenis bahan berbahaya tersebut adalah yang paling sering berada dekat dengan keseharian kita. Sebenarnya masih banyak lagi yang lebih berbahaya namun belum tentu akan mudah di jumpai dalam sehari hari.

Cara Merawat Cat Body Motor

Sebenarnya tidak terlalu berbeda jauh tentang cara merawat cat mobil maupun motor. Namun biasanya untuk cat mobil akan lebih kuat karena kualitas yang lebih baik dan mahal serta body dasarnya yang menggunakan plat logam.

Untuk body motor yang biasanya mudah pecah dan memiliki sifat elastic, maka faktor penyebab kerusakan menjadi lebih luas. Namun kali ini hanya akan memberikan tips tentang bagaimana cara merawat cat agar tetap awet dan kuat.

  • Rajin membasuh atau mencuci motor ketika tampak sudah berdebu. Jangan langsung mengelap dengan benda apapun pada kondisi body kering tanpa air dan larutan shampoo motor karena butiran debu halus cenderung bersifat abrasive yang akan menggores permukaan cat.
  • Pakailah shampoo motor yang aman tidak mengandung deterjen dan pemutih untuk mencuci seluruh body motor dan pastikan menggunakan spons yang lembut.
  • Biasakan mengelap motor setelah di cuci dengan menggunakan kanebo agar tidak menyisakan bercak air mengering.
  • Jangan suka menggunakan zat pemoles dengan dalih untuk mengkilatkan cat karena sebenarnya akan mengikis permukaan sedikit demi sedikit sehingga cat akan mudah pudar.

Cara merawat cat motor agar tidak mudah pudar sebenarnya bisa juga di terapkan ketika merawat dan mencuci helm maupun pada kendaraan lainnya yang memiliki permukaan dengan finishing cat duko dan berlapis gloss.