Breaking Post
Home » Health » Baby » Membuat menu makanan sehat untuk bayi usia 9-12 bulan

Membuat menu makanan sehat untuk bayi usia 9-12 bulan

Membuat fariasi resep menu makanan sehat bayi usia 9 sampai 12 bulan sebenanya cukup mudah dan bisa dibuat di rumah, selain murah dan bergizi juga untuk memastikan bahwa anak-anak anda mendapatkan kualitas makanan yang lebih baik karena hasil olahan sendiri.

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa membuat Resep makanan untuk bayi sendiri akan lebih memberikan banyak keuntungan karena semua yang kita berikan kepada bayi kita tentunya adalah sesuatu yang paling baik meskipun terbuat dari bahan-bahan yang sederhana.

Bubur Tahu untuk bayi umur 9 sampai 12 bulan

Bahan:
40 g beras setengah matang (beras aron)
½ sdm margarin
½ siung bawang putih, cincang halus
40 g daging ayam cincang
400 ml air kaldu
50 g tahu putih (tahu cina), potong dadu kecil
½ batang seledri, cincang halus

Membuat-makanan-bayi-usia-9-bulanCara membuat
Panaskan, tumis bawang putih sampai halus.Masukan daging ayam, aduk hingga berubah warna.Tuang air kaldu, masukan beras aron.Aduk dan masak hingga bulir beras merekah.Masukan tahu lalu aduk dan masak sampai bubur matang.Angkat.

Info Gizi
Tahu bernilai gizi tinggi karena semua asam amino esensial, juga kaya akan mineral seperti magnesium, kalsium, dan besi yang merupakan zat gizi penting untuk kesehatan saraf, pekembangan otak dan pertumbuhan bayi. Setiap 100 g tahu mengandung energi 68 kal, protein 7,8 g, lemak 4,6 g, karbohidrat 1,6 g, kalsium 124 mg, fosfor 63 mg, dan besi 0,8 mg.

Nilai gizi per porsi
Energi : 99,5 gram
Protein : 10,9 gram
Lemak : 2,6 gram
Karbohidrat : 7,8 gram

Baca juga:

Bubur ayam beras merah gizi untuk bayi usia 9 sampai 12 bulan

Bahan
½ sdt margarin
10 g bawang bombay, cincang halus
40 g daging giling
40 g beras merah, kukus setengah matang (beras aron)
400 ml air kaldu, didihkan
25 g labu siam, potong dadu kecil
1 kuning telur, kocok lepas

Cara membuat
Panaskan margarin, lalu tumis bawang bombay hingga harum. Masukan daging ayam giling, aduk hingga berubah warna.Angkat dan sisihkan. Masukan beras merah yang sudah dikukus, tuangkan air kaldu, ayam tumis, dan labu siam. Aduk dan masak hingga menjadi bubur matang.Masukan kuning telur, aduk sampai tercampur rata.Angkat dan sajikan.

Info Gizi
Beras merah memberikan energi untuk jangka panjang dalam jumlah besar. Selain itu, konsumsi beras merah dapat merangsang otak untuk melepaskan homon serotonin yang bersifat menenangkan pikiran. Ini penting agar bayi bisa tidur nyenyak, karena pada saat bayi tidur nyenyak terutama malam hari akan terjadi perkembangan otak yang sangat pesat . Setiap 100 g beras merah mengandung energi 359 kal, protein 7,5 g, lemak 0,9 g, karbohidrat 77,6 g, kalsium 16 mg, fosfor 168 mg, dan besi 0,3 mg.

Nilai gizi per porsi
Energi : 81,8 gram
Protein : 8,8 gram
Lemak : 1,6 gram
Karbohidrat : 7,8 gram