Breaking Post
Home » Lifestyle » Asuransi » Cara Kredit Mobil dan Motor Baru atau Bekas Murah

Cara Kredit Mobil dan Motor Baru atau Bekas Murah

Cara mendapatkan kredit mobil dan motor bekas dengan murah sebenarnya tidak jauh beda dengan pengajuan kredit untuk mobil atau motor baru. Pada saat ini harga mobil memang tetap terhitung mahal untuk kalangan orang yang mempunyai penghasilan minim. Namun setidaknya pada masa sekarang, proses untuk bisa memiliki sebuah mobil bekas ataupun mobil baru bisa terwujud dengan cara yang lebih mudah dan terasa murah.

Proses kredit mobil baru atau bekas kebanyakan dapat dikerjakan di beberapa perusahaan leasing atau bank dengan berbagai bentuk promosi yang menawarkan keringanan serta kemudahan melalui skema kredit yang biasanya bisa didapat dari iklan-iklan online dan offline bahkan langsung melalui sales marketing nya.

kredit-mobil-dp-murahBeberapa calon konsumen mobil yang memiliki dana pas-pasan tentu berharap ada cara yang lebih mudah untuk mendapatkan mobil atau motor yang di idamkan. Tentunya langkah yang ditempuh bukanlah cara yang beresiko atau nekat, akan tetapi dengan cara kredit mobil melalui leasing sudah menjadi pilihan dan tidak asing lagi untuk masyarakat sekarang ini. Telah banyak penyedia jasa atau perusahaan leasing yang bersedia membantu untuk proses kepemilikan kendaraan dengan cara yang aman dengan syarat-syarat yang tentu wajib dipenuhi oleh konsumen.

Ketentuan Kredit Mobil Motor Baru atau Bekas

Peraturan dari Bank Indonesia saat ini telah mengeluarkan kebijakan dalam penetapan pembayaran awal (DP) kepada calon konsumen kendaraan bermotor yang menempuh jalur kredit. Pihak Bank untuk sekarang ini bisa memberikan fasilitas pembiayaan hingga sebesar 70% untuk proses kepemilikan mobil untuk perorangan. Sedangkan kepada pihak atau perusahaan leasing, biasanya Bank bisa memberikan pembiayaan hingga 75%. Dengan demikian bisa di tarik kesimpulan bahwa dana yang perlu dipersiapkan sebagai pembayaran awal (DP) untuk kredit mobil atau motor adalah sebesar 25% hingga 30% dari nilai atau harga mobil dan motor yang telah disepakati oleh penjual.

DP kredit mobil dan motor yang sebesar kurang lebih 30% itupun terkadang masih sangat berat untuk dijalani bagi kalangan masyarakat yang memiliki penghasilan minim. Sebenarnya hal ini bukan merupakan sebuah patokan yang mutlak di setiap masing-masing perusahaan leasing. Untuk itu ada beberapa tips yang bisa diterapkan cara mendapat DP murah kredit mobil dan motor sehinga calon konsumen bisa sedikit terlepas dari bayangan berat pembayaran di muka yang sangat tinggi.

  • Calon pembeli bisa meminta potongan harga mobil maupun harga motor yang dipilih kepada pihak penjual atau dealer.
  • Dapatkan informasi yang paling akurat dari pihak Bank atau leasing mengenai skema pembiayaan sehingga tidak ada perubahan maupun beban tambahan biaya yang tersembunyi dikemudian hari.
  • Usahakan bisa mendapatkan kemudahan extra seperti pembayaran DP yang bisa dicicil dalam beberapa kali.

Mendapatkan mobil maupun motor secara kredit memang sebuah langkah mudah yang bisa ditempuh bagi beberapa kalangan masyarakat dengan penghasilan yang minim. Namun tetap perlu diingat bahwa pada pembelian secara kredit mobil dan motor baru, ataupun kredit mobil dan motor bekas, tetap diperlukan sebuah manajemen keuangan yang baik, agar proses dari DP awal hingga pelunasan akhir dapat berjalan tanpa kendala.