Breaking Post
Home » Health » Beauty » Menjaga Rambut Tetap Indah Tidak Kusut Saat Tidur

Menjaga Rambut Tetap Indah Tidak Kusut Saat Tidur

Merawat-Rambut-Saat-Tidur-Tidak KusutMerawat dan menjaga rambut tetap tampak indah tidak kusut meskipun saat tidur sebenarnya cukup mudah. Sudah tidak asing lagi dan menjadi hal wajar di saat tidur tatanan rambut yang semula rapi akan menjadi acak acakan sehingga tampak sangat buruk sekali.

Hal seperti ini mungkin saja anda juga sering kali mengalami meskipun anda berusaha merapikan dengan kebiasaan menyisir rambut sebelum tidur.

Penyebab kerusakan rambut yang jarang kita sadari

Sesungguhnya telah ditemukan fakta bahwa menyisir rambut yang terlalu sering sangat tidak bagus terhadap kesehatan raambut itu sendiri.

Hal ini dikarenakan rambut secara alami akan dilindungi oleh kelenjar minyak yang berfungsi menjaga kelembaban mulai akar hingga ujung rambut.

Jika menggunakan sisir rambut dengan bahan plastik atau sejenisnya, sudah pasti meskipun tidak bisa secara kasat mata terlihat kerusakan yang ditimbulkan, namun dampak gesekan sisir dengan helai rambut akan membuat kerusakan dalam skala ukuran yang sangat kecil sekali.

Merawat dan menjaga kesehatan rambut tetap tampak indah

Nah lalu bagaimana cara menjaga kesehatan dan keindahan rambut yang tepat? Selain asupan vitamin maupun mineral yang bisa mendukung kesehatan rambut, ada beberapa kiat kiat yang bisa kita lakukan untuk mengupayakan agar keindahan rambut bisa didapatkan.

Rutin menjaga kebersihan rambut

Rajin membersihkan atau keramas adalah cara yang paling umum dan sudah biasa dilakukan setiap orang ketika rambutnya kotor karena debu ataupun keringat .

Akan tetapi satu hal yang tak kalah penting adalah menjaga keindahan rambut disaat kita sedang terlelap tidur agar ketika bangun tetap dalam keadaan rapi dan lembut.

Tahukah anda jika penyebab utama kenapa rambut anda berantakan ketika bangun tidur adalah karena bantal atau alas tidur yang anda pakai?

Kebanyakan dari setiap orang memiliki bantal dengan sarung kain katun. Perlu diketahui bahwa kain jenis ini akan dengan cepat menyerap kelembaban kulit yang sejatinya akan merugikan.

Baik kulit kepala maupun kulit tubuh sudah secara alami mengeluarkan zat lemak (minyak) dengan tujuan memberikan kelembaban agar kulit tidak kering dan kusam.

Dengan demikian jika kain katun yang menjadi sarung bantal anda, sudah jelas akan mengeringkan minyak alami yang semestinya melindungi rambut itu sendiri agar senantiasa tampak basah dan kemilau.

Pertahankan kelembaban rambut secara alami

Sebagai solusi untuk mengantisipasi terjadinya penyerapan minyak alami rambut, penyebab rambut kering dan kusam setelah bangun tidur adalah dengan menggunakan sarung bantal berbahan sutera.

Karena sudah bisa dipastikan bahwa sutera memang tidak menyerap cairan secara maksimal dan tentu saja jika anda mengenakannya baik sebagai alas tidur maupun sarung bantal, sudah pasti anda akan mendapati kulit tubuh maupun rambut anda tetap indah kemilau jauh dari kesan kusam dan berantakan.

Selain tidak menyerap minyak alami rambut, kain jenis sutera memiliki tekstur yang sangat lembut dan halus sehingga gesekan gesekan rambut yang terjadi ketika tidur tidak akan mengikis zat lemak alami penjaga kelembaban rambut .