HomeINFO BISNIS7 Bisnis Sampingan Dengan Modal Minim Untuk Karyawan Sambil Bekerja

7 Bisnis Sampingan Dengan Modal Minim Untuk Karyawan Sambil Bekerja

Memiliki bisnis sampingan yang bisa dikerjakan dengan modal kecil atau minim khususnya bagi karyawan sambil bekerja tentunya akan menjadikan sumber pendapatan yang dapat mendukung penghasilan utama.

Bekerja menjadi karyawan dengan penghasilan yang tetap tidak selamanya bisa membuat anda tenang, karena yang kita tahu untuk kondisi sekarang kebutuhan semakin banyak dan harga juga semakin naik selain itu apabila kondisi ekonomi buruk maka resiko untuk PHK juga tinggi.

Sedini mungkin anda harus membuaka mindset anda untuk bisa membuka usaha sendiri dengan berwiraswata, jika anda masih bekerja sebagai karyawan bisa jadikan usaha ini sebagai sampingan.

Keuntungan yang didapat banyak anda tidak perlu lai khawatir akan resiko ke depan, mendapatkan penghasilan tambahan yang tentunya bisa meningkatkan taraf hidup anda dan keluarga.

Memang perlu belajar untuk bisa membuka pikiran bisa menjadi wiraswasta dan sebagai pemula memang wajar apabila ada kekhawatiran mengenai modal yang akan dikeluarkan dan bagaimana cara memulai hingga mengelola.

Tapi jangan khawatir untuk saat ini banyak berbagai usaha pribadi yang tidak memerlukan modal yang besar dan apabila anda tekuni dan fokus untuk menjalani serta tidak mudah menyerah terhadap berbagai rintangan yang akan dilalui diiringi dengan kreatifitas untuk bisa mengembangkan lebih besar lagi, maka tidak akan mustahil apabila anda bisa berubah nasib dari seorang karyawan menjadi seorang pengusaha kaya.

Peluang bisnis dan usaha dengan modal kecil yang cocok untuk karyawan sambil bekerja

Penasaran dengan kerja seperti apa yang cuma membutuhkan modal minimalis? Simak ulasan berikut ini :

1. Bisnis online shop – Dapat dimulai dengan modal yang sangat kecil

Pekerjaan apapun selalu menggunakan jaringan internet untuk semakin mempermudah dalam komunikasi, perdagangan, pekerjaan dan sebagainya.

Disini jika anda ketahui memiliki banyak peluang yang bisa anda jadikan sebagai penambah penghasilan. Bermodalkan perangkat elektronik dalam bentuk apapun seperti laptop, handphone, tablet dll, selama memiliki paket data anda bisa memulai untuk berjualan secara online.

Bisnis ini dikenal dengan nama online shop, dimana anda hanya mencari barang-barang unik, bagus, bermanfaat atau semua yang bernilai untuk bisa dijual kembali. Contoh barang yang berbau dengan fashion, peralatan rumah tangga, kebutuhan anak dan sebagainya seperti barang yang dijual di toko pada umumnya.

Apabila anda takut untuk stok barang, bisa dengan sistim dropship atau dengan menemukan toko tempat produksi kemudian anda hanya bertugas untuk mendisplay barang di toko oline shop anda, jika ada yang minat anda hanya menghubungi pihak yang memproduksi barang untuk mengirimkan pesanan ke alamat kosumen anda. Cukup mudah dan praktis bukan?

2. Angkringan – Usaha kuliner murah meriah banyak peminatnya

Seringkah anda melihat orang membuka usaha angkringan dengan berbagai macam jenis makanan tersaji maupun kuliner yang ditempatkan di gerobak?

Ini juga bisa anda jadikan sebagai usaha sampingan anda yang bisa anda jalankan setelah selesai dari kantor. Keuntungan rata-rata yang didapatkan dari usaha ini adalah 30-40% dari besar modal yang sudah diinvestasikan.

Besar modal awal yang harus dikeluarkan kurang lebih adalah Rp 4-5 juta dan itu pun sudah termasuk dengan tempat berjualan.

Bisnis kuliner yang sederhana adalah seperti gerobak penjual mie, nah disini anda bisa berkreasi jenis mie apa saja yang akan anda jual apaah seperti ramen, udon, atau yamin dengan berbagai toping yang menambah cita rasa dari masakan yang anda sajikan.

Bayangkan saja dengan berjualan mie saja dengan modal yang minim keuntungan yang bisa dapatkan cukup banyak, ditunjang juga apabila cuaca yang sering hujan maka akan banyak orang ingin makan mie atau pun juga berteduh mereka pasti akan mengisi waktu mereka sambil menunggu hujan dengan makan.

3. Membuat produk handmade – Bagi yang memiliki bakat seni dan kreatifitas

Tidak melulu produksi pabrikan saja yang laris manis dijual hingga diekspor, keberadaan barang yang diproduksi secara handmade pun juga dilirik baik masyarakat lokal hingga mancanegara.

Bagi anda yang memiliki keahlian dan hobi untuk membuat handmade ini bisa dijadikan salah satu alternative peluang usaha apakah untuk dijual atau bisa juga dengan membuka les untuk membuat ketrampilan yang anda kuasai.

Selain itu ketika banyak orang yang sudah mengenal produk anda, bisa diberikan brand sendiri. Banyak hal yang bisa anda hasilkan dengan memiliki keahlian tertentu.

4. Membuka les privat – Memanfaatkan bidang ilmu yang di kuasai

Apakah anda menjadi bagian dari mahasiswa yang pernah mecari penghasilan tambah dengan menjadi guru les pirvat?

Apabila memiliki passion dibidang mengajar dan menguasai salah sat ada beberapa bidang pengajaran, menjadi guru les privat atau menjadi guru les di bimbingan belajar bisa menjadi salah satu alternative pekerjaan sampingan.

Bisa dengan 2 (dua) cara yang bisa anda lakukan yaitu bergabung dengan bimbingan belajar yang ada di sekitar rumah anda, bisa juga dengan membuka les pivat sendiri di rumah atau bisa juga anda yang datang ke rumah murid.

Dengan membuka les privat anda pun juga bisa mengumpulkan beberapa orang untuk bisa anda kelola menjadi staff pengajar di tempat les yang anda dirikan. Kemudian langkah selanjutnya buat promosi dan sebarkan brosur. Dengan begitu anda sudah memiliki usaha sendiri bukan?

5. Jasa desain digital – Hobi yang bisa menghasilkan uang

Hobi ternyata bisa juga digunakan untuk mendapatkan uang sampingan. Sebagai contoh jika anda memiliki hobi desain dan ternyata kualitas yang kamu miliki mendapat apresiasi maupun orang yang pernah anda buatkan merasa puas, bisa digunakan untuk menyalurkannya menjadi sebuah usaha sampingan di luar sebagai karyawan.

Jasa desain saat ini memang sedang naik daun karena banyak yang membutuhkan untuk pembuatan undangan, brosur, kaos, spanduk dll.

Bagi anda yang mungkin merasa terhambat di modal, bisa dibangun usaha ini dengan menjalin kerjasama dengan orang yang mau membiayai usaha ini. Mulailah menggunakan modal kecil kemudian secara pelan-pelan dikembangkan untuk bisa menjadi lebih besar lagi.

6. Usaha laundry – Saat ini telah menjadi usaha kecil yang sangat populer

Punya mesin cuci di rumah? Bisa dipakai untuk dijadikan peluang usaha sampingan. Banyak orang saat ini sangat disibukkan dengan pekerjaan karena biaya hidup yang semakin tinggi sehingga mereka kadang tidak sempat untuk mencuci bahu sampai menyetrika.

Peluang ini adalah membuka usaha sederhana yaitu laundry, usaha ini cukup menjanjikan untuk peluang ke depannya.

Kebanyakan mereka akan lebih memilih waktu yang mereka miliki untuk istirahat daripada mengurusi urusan rumah tangga seperti mengurus baju-baju kotor.

Usaha ini ini tidak hanya mencuci kemudian merapikan baju saja tapi bisa dikembangkan untuk mencuci boneka, korden, karpet bahkan jika anda mempunyai kemampuan untuk bisa membersihkan sepatu atau helm bisa juga dimasukkan dalam aftar usaha laundry ini.

Hitung-hitungan modal memang yang dibutuhkan cukup besar karena banyak yang harus ibeli seperti mesin cuci, mesin pengering, setrika, bahan untuk laundry dan sekitar Rp 7-10 juta untuk persiapannya.

Sedangkan khusus untuk laundry sepatu anda harus mempersiapkan modal sebesar Rp 5-6 juta. Meskipun cukup besar tetapi hasil yang didapatkan lumayan besar juga karena hampir tiap hari orang akan silih berganti untuk melaundry.

Memulai usaha ini tidak harus semua peralatan harus dilengkapi jika masih tahap pemula pakailah terlebih dahulu peralatan yang dimiliki.

Jika memang anda sudah bisa dan mengetahui cara mengelola bisnis ini barulah anda sedikit demi sedikit menambah peralatan laundry. Karena usaha ini tidak akan pernah berhenti selama orang masih menggunakan baju, sepatu, karpet dan bahan lainnya yang berbahan kapas dan benang.

Latest articles

13 Usaha Paling Sukses Di Desa yang Untung Besar dan Menjanjikan

Usaha di daerah sepi seperti di desa juga bisa sukses lho. Ada banyak contoh...

Cara Mengatasi Kode Error Host 34 ATM BRI

Kode Error Host 34 ATM BRI - Ada banyak kode error ATM BRI yang...

Cara Mengatasi Kode Kesalahan 114 Internet Banking BRI Dan Mobile BRI

Cara Mengatasi Kode Kesalahan 114 Internet Banking BRI Dan Mobile BRI - Fasilitas dan...

Anak Sebagai Aset Masa Depan Bangsa Dan Generasi Penerus

Kalau bukan terhadap anak, terhadap siapa lagi orang tua menaruh harapan di masa depan?...

Seberapa Mahal Biaya Pernikahan Toraja?

Berapa sih biaya pernikahan orang Toraja? Banyak yang bilang, tergantung kesanggupan calon pengantin dan...

Cara Memulai Usaha Laundry Dari Nol Untuk Pemula Modal Kecil

Untuk kamu yang sedang tertarik memulai bisnis dengan modal kecil, maka usaha laundry kiloan...

More like this

7 Macam Jualan Paling Laku dan Laris Di Bisnis Online Shop

Bisnis online shop? Siapa yang belum pernah mendengar? Siapapun pasti sudah sering mendengar bahkan...

Tips Berpakaian Untuk Menghadapi Wawancara Kerja

Beberapa tips berpakaian untuk menghadapi wawancara kerja ini akan memberikan nilai tersendiri untuk menunjang...

Lebih baik mana tabungan uang atau menyimpan emas

Untuk menilai keuntungan dari kedua jenis tabungan yaitu menabung dalam bentuk uang atau menyimpannya...

Cara Mengatasi Kode Error Host 34 ATM BRI

Kode Error Host 34 ATM BRI - Ada banyak kode error ATM BRI yang...

Sukses Budidaya Belut Sebagai Usaha dan Bisnis Rumahan

Belut merupakan salah satu jenis binatang air yang hidup dalam lumpur. Binatang air berbentuk...

Pinjaman Modal Usaha Syarat Jaminan KTP & KK Saja Sudah Bisa Cair

Pinjaman syarat jaminan KTP & KK saja bisa cair? Apa benar semudah ini? Dijaman...