Gadai BPKB Motor di Pegadaian apakah motor di tahan?

Gadai BPKB Motor Di Pegadaian Tanpa Motor Apakah Bisa? Ini Syaratnya

Pinjaman uang jaminan bpkb motor di pegadaian apakah motor ditahan? atau bisa tanpa motor? pada dasarnya lembaga keuangan yang satu ini memiliki aturan mutlak yaitu debitur yang ingin melakukan pinjaman wajib memiliki jaminan.

Hal ini dikarenakan debitur akan menjaminkan BPKB atas kendaraan pribadinya sebagai bukti kesanggupan pelunasan gadai.

Pada prosesnya, BPKB asli beserta fisik kendaraanmu akan diminta dan disimpan hingga debitur dapat melunasi angsuran pinjaman.

Pinjaman uang jaminan bpkb motor di pegadaian

Ada 4 produk pinjaman yang dapat dilayani dengan jaminan BPKB mobil atau motor di Pegadaian yang mana setiap keunggulan tiap produk akan berbeda-beda sehingga kita perlu cermat saat menentukan produk yang sesuai dengan kebutuhan diantaranya ialah:

  • Kredit Cepat Aman (KCA)
  • Rahn
  • Kreasi
  • Arrum

Kredit Cepat Aman (KCA)

Salah satu produk pembiayaan yang melayani gadai BPKB motor adalah Kredit Cepat Aman atau KCA.

Seperti namanya, jenis pinjaman ini ditujukan untuk masyarakat yang ingin mendapatkan pinjaman dengan cepat, mudah, dan aman.

Besarnya plafon pinjaman mulai dari Rp50 ribu – Rp500 juta menyesuaikan taksiran harga barang yang di gadai kemudian dana akan di cairkan langsung tunai atau transfer langsung ke rekening.

Pegadaian memberikan jangka waktu pelunasan hingga empat bulan dan apabila debitur tidak bisa melunasi maka dapat melakukan perpanjangan hingga berkali kali dengan syarat membayar bunga per 4 bulan sekali.

Persyaratan yang harus di penuhi juga sangat mudah, yaitu menyerahkan fotokopi identitas diri, dan membawa BPKB serta STNK asli.

Rahn

Pembiayaan dari produk Rahn ini hanya tersedia di outlet pegadaian Syariah saja tetap dengan menggunakan jaminan BPKB ataupun benda berharga lainnya seperti emas.

Untuk jumlah pinjaman serta jangka waktu pelunasannya sama dengan produk pinjaman KCA, yaitu mulai dari Rp50 ribu – Rp500 ribu dengan jangka waktu pelunasan empat bulan dan bisa diperpanjang.

Persyaratannya juga sama, dana akan cair setelah semua dokumen diterima, dan kamu sudah menandatangani Surat Bukti Rahn (SBR).

Kreasi

Pegadaian memberikan pinjaman dengan sistem fidusia. Jadi debitur hanya perlu membawa KTP, KK, BPKB, STNK, dan faktur pembelian.

Sementara kendaraan yang dijaminkan tetap bisa di gunakan untuk keperluan usaha. Namun, salah satu syaratnya adalah usaha tersebut sudah berjalan minimal satu tahun.

Debitur bisa mendapat pinjaman mulai dari Rp1 juta – Rp200 juta dengan jangka waktu pinjaman mulai dari 12, 18, 24, hingga 36 tahun.

Arrum

Tidak jauh berbeda dengan pinjaman Kreasi, Arrum menerapkan sistem prinsip syariah. Jadi, semua proses juga dilakukan sesuai dengan fatwa DSN-MUI.

Nominal kredit yang bisa dapatkan mulai dari Rp1 juta – Rp200 juta dan tenor selama 12, 18, 24, dan 36 bulan dengan syarat usaha yang dijalankan sudah berlangsung minimal satu tahun.

Dokumen persyaratannya juga sama dengan Kreasi, yaitu melampirkan KTP, KK, BPKB, STNK dan juga faktur pembelian.

Kendaraan mobil atau motor tidak akan ditahan pegadaian dan tetap bisa di gunakan sebagaimana tujuan dari layanan produk Arrum adalah untuk mendukung pendanaan usaha pribadi.

Syarat gadai bpkb motor di pegadaian 2021

  • Cara gadai BPKB mobil atau motor di pegadaian ada beberapa langkah yang mesti dilakukan berdasarkan informasi dari situs resminya ialah sebagai berikut:
  • Mendatangi kantor Pegadaian terdekat.
  • Membawa identitas dan dokumen yang dibutuhkan.
  • Mengisi formulir pengajuan pinjaman.
  • Menyerahkan formulir pinjaman, BPKB, dan STNK asli kepada petugas Pegadaian bagian penaksir jaminan. Lalu, memperlihatkan kendaraan yang akan dijamin.
  • Petugas menaksir nilai dari kendaraan kemudian hasil dari taksiran tersebut menjadi plafon pinjaman yang bisa diambil nasabah.
  • Setelah nasabah setuju dengan plafon tersebut, petugas mengurus proses permohonan pinjaman.
  • Petugas lalu membuat Surat Bukti Kredit (SBK) selama kurang lebih 15 menit.
  • Petugas kasir memanggil nasabah dan menjelaskan batas jatuh tempo kredit, serta waktu pelelangan jaminan apabilautang tidak dilunasi dalam batas waktu yang ditentukan.
  • Nasabah menandatangani SBK dan membayar biaya administrasi kurang lebih 10 persen dari plafon pinjaman. Biaya tersebut bisa dibayar tunai maupun lewat pemotongan plafon pinjaman.
  • Jika seluruh langkah di atas sudah diselesaikan, kamu tinggal menunggu proses pencairan pinjaman tunai dan langsung pulang.

Sumber: https://www.pegadaian.co.id/faq/detail/18/kreasigadai-bpkb

Daftar harga gadai bpkb motor di pegadaian (Tabel pinjaman dan cicilan)

Berikut ini adalah simulasi perhitungan dengan tabel pinjaman dan cicilan angsuran gadai BPKB motor yang menyesuaikan dengan harga jual motor.

Tabel pinjaman dengan jaminan gadai BPKB motor 2021

Ini adalah simulasi perhitungan sewa modal pinjaman perbulan di pegadaian yang harus dibayar setiap 4 bulan sekali untuk jenis pinjaman KCA.

Jumlah pinjaman tunai

Tarif sewa modal / bulan

Rp1.000.000 – Rp10.000.000 1,5 %
Rp10.100.000 – Rp50.000.000 1,25 %
Lebih dari Rp50.100.000 1,15 %

 

Bagaimana cara membayar angsuran kredit Kreasi ?

Dapat dilakukan secara pembayaran tunai dengan mendatangi outlet-outlet Pegadaian atau agen-agen pembayaran Pegadaian. selain itu dapat dilakukan secara pembayaran non tunai melalui mesin ATM terdekat, internet banking, dan melalui aplikasi Pegadaian Digital Service.