Breaking Post
Home » Health » Diet » Membuat menu makan untuk menunjang diet sehat dan aman bagi kesehatan

Membuat menu makan untuk menunjang diet sehat dan aman bagi kesehatan

Konsumsi menu sarapan pada saat menjalani program diet sangat berbeda untuk masing-masing orang dalam lingkup kehidupan yang juga tidak sama. Misalnya menu sarapan orang-orang barat yang terbiasa dengan mengonsumsi roti atau kentang panggang dengan mentega atau margarine, selai, keju, ditambah telur rebus. Sedangkan kebiasaan orang Indonesia pada umumnya tetap memilih nasi dengan tambahan lauk sebagai menu sarapan.

Menu sarapan dengan nasi pada saat menjalani program diet sebaiknya dipilih dari beras merah atau beras tumbuk dan dikonsumsi dengan lauk telur yang direbus keras. Jika tetap berkeinginan mengonsumsi sarapan dengan telur dadar atau telur ceplok sebaiknya digoreng dengan menggunakan minyak sehat seperti minyak zaitun atau minyak jagung. Begitu juga ketika ingin mengonsumsi nasi goreng sebaiknya juga tetap memilih minyak sehat untuk menggorengnya. Memasak nasi goreng, telur dadar pada saat menjalani program diet alangkah baiknya ditambah dengan rajangan bawang merah, bawang bombai, daun bawang, seledri, wortel untuk melengkapi nutrisi.

menu-diet-sehat

img by: http://womenshealthency.com/

Meminum susu, teh, maupun kopi tetap saja diperbolehkan pada masa proses diet namun tetap memilih bahan yang rendah lemak. Gunakan gula alamai atau tanpa gula sama sekali. Kemudian selang satu jam berikutnya pelaku diet diperbolehkan mengonsumsi buah yang rendah kadar indeks glikemik nya dengan dimakan langsung maupun di jus.

Pada saat memasuki makan siang bahkan hingga makan malam, pelaku diet tetap dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dengan menu-menu sehat yang bisa diterapkan dengan berbagai macam kreasi.

Buah dan es krim saat diet

Buah-buahan tropis seperti pisang, mangga, nanas, adalah jenis buah yang mempunyai indeks glikemik tinggi. Sedangkan buah-buahan subtropics seperti blue berry, rasberi, stroberi, apel adalah golongan buah yang mempunyai kadar indeks glikemik rendah. Menyantap es krim lebih baik jika susu yang diolah dari hasil susu kedelai atau yogurt rendah lemak. Penambahan taburan coklat atau meisis sangat tidak dianjurkan dan lebih disarankan jika ditambah almond atau kacang goreng sangrai.